Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3932Published:
2023-06-24Issue:
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): MeiKeywords:
Model Project Based Learning, Hasil Belajar Matematika, Sekolah Dasar Negeri 19 Cakranegara.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Hasil belajar matematika siswa masih dalam kategori rendah akibat dari kegiatan pembelajaran yang masih belum efektif. Hasil belajar merupakan tolak ukur untuk melihat ketercapaian dari suatu pembelajaran. Melalui hasil belajar siswa dapat mengetahui sejauh mana kemampuan yang telah dicapai setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 19 Cakranegara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel penelitian ini satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis menggunakan uji Independent sample T Test. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 93,75% dan kategori sangat baik. Selanjutnya pengujian hipotesis dilaksanakan dengan ketentuan perolehan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel pada taraf 0,05. Hasil perhitungan uji hipotesis memperoleh nilai t hitung sebesar 2,353 dan t tabel sebesar 1,671. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa t hitung  t tabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari analisis tersebut bahwa penggunaan model pembelajaran model project based learning berdampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 19 Cakranegara Kota Mataram.
References
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013. Jakarta, Indonesia: Pranada Media Group
Anggriani, S., Widiada, I.K., & Zain, M. I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ipa Siswa Kelas III SDN 28 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendas: Primary Education Journal, 1 (2), 77-84. DOI: https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.61
Elisabet, Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3 (3), 285-291. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19448
Fahrudin, Ansari, A., & Ichsan, A.S. . 2021. Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Hikmah, 18 (1), 64-80. DOI: https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Fahrurrozi & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur, Indonesia: Universitas Hamzanwadi Press.
Hermawan, H. E. & Rahayu, L. (2016) . Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa dalam Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Saintifik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4 (1), 18-29. https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/201
Izati, S. N., Wahyudi, W., & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3 (9), 1122-1127. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11508
Jumanah, Arjudin, & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 10 Mataram. Jurnal Pendas: Primary Education Journal, 1 (1), 44-52. DOI: https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.54
Kamarullah, (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Jurnal Pendidikan danPembelajaran Matematika, 1 (1), 21-32. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Mandala, A. (2012). Peran Pendidikan, Pengalaman, dan Inovasi Terhadap Produktivitas Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Usaha Kecil Menengah Bidang Fashion dan Kerajinan Tangan Batik Di Kota Semarang) (Skripsi). Universitas Diponegoro, Indonesia. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/749
Manullang, Martua (2017). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12 (1), 24-30. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7532
Maolani, R. A. & Cahyana, U. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.
Mariati, Zain, M. I., & Istiningsih, S. (2019). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SDN Gugus I Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendas, 1 (1): 12-18. DOI: https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.50
Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.
Saputra, H. H., Affandi, L. H., Husniati, & Makki. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Konseptual Mahasiswa Semester I FKIP Unram. Jurnal Progres Pendidikan, 1 (3), 143-153. Doi: https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.18
Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah A. N. K. (2021). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Gugus III Cakranegara. Jurnal Progres Pendidikan, 2 (1), 13-19. DOI: https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.60
Syukriah, S., Nurmaliah, C., & Abdullah. (2019). The Implementation Of Project-Based Learning Model To Improve Students’ Learning Outcomes. Journal of Physics, 1460 (1), 1-7. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1460/1/012064
Tahrim, T. (2021). Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Aceh, Indonesia: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Author Biography
Putri Fatimah, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Putri Fatimah, Umar, Muhammad Makki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).