Penerapan Model Pembelajaran Peer Teaching terhadap Hasil Belajar pada Materi Olahraga Permainan Bolatangan

Authors

Sukardi

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.3939

Published:

2023-03-19

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Model pembelajaran peer teaching, Hasil belajar, Bolatangan.

Articles

Downloads

How to Cite

Sukardi. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Peer Teaching terhadap Hasil Belajar pada Materi Olahraga Permainan Bolatangan. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 210–215. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.3939

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Hasil belajar khususnya pada materi olahraga materi permainan bolatangan di sekolah umumnya masih rendah. Hal ini terlihat dari masih banyak guru sekolah masih jarang mengajarkan/ mempraktekkan materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar pada materi olahraga permainan bolatangan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penilaian tes. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Peningkatan hasil belajar pada materi olahraga permainan bolatangan melalui penerapan model pembelajaran peer teaching. Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I yang tuntas belajar sebanyak 19 siswa (57,00%), dan pada siklus II sebanyak 28 siswa (83,00%). Disamping ketuntasan belajar juga diperkuat dengan nilai rata-rata hasil tes yang meningkat darai siklus I 57,00 pada siklus II meningkat menjadi 83,00. Walaupun belum tuntas 100% namun bisa dikatakan pelaksanaan tindakan ini berhasil. Penggunaan model pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar pada materi olahraga permainan bolatangan.

References

Abdurrochim, M. (2016). Pengembangan model permainan bolatangan untuk anak usia sekolah dasar kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 60-73.

Armi, D., Mansur, M., & Nusufi, M. (2015). Partisipasi Orang Tua Terhadap Minat Anak Berolahraga Di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 1(4).

Badger, K. (2010). Peer teaching and review: A model for writing development and knowledge synthesis. Social Work Education, 29(1), 6-17.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(3), 157.

Habiburrahman, M. I., Septiadi, F., & Nurudin, A. A. (2022). Minat Siswa SMA Negeri Terhadap Olahraga Bola Tangan: Studi Survei Di Kota Sukabumi. Jurnal Educatio, 8(2), 428-433.

Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 4(01).

Henjilito, R., Safitri, R. E., Yani, A., Zikri, I., & Yolanda, Y. (2022). PERAN PSIKOLOGI DALAM KONSEP TEKNIK DASAR BOLA TANGAN. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2061-2065.

Mahardika, I. M. S. (2018, November). Perencanaan dan inovasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).

Setiawan, A., & Rahmat, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Bola Tangan Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 3(1), 89-94.

Manik, S. (2016). Etika dan permasalahan dalam pendidikan jasmani dan olahraga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(2), 71-88.

Muslihan, M. (2019). Pengembangan Permainan Outbound Untuk Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Siswa Paud Sayang Anak Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1).

Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal (PAJU), 1(2), 107-114.

Ridwan, H., Ardhi, M., & Weda, W. (2017). Pengaruh Metode Bermain Bola Tangan dan Lempar Tangkap Bola Terhadap Efektifitas Pembelajaran Passing Atas Bolavoli pada Kelas XII TPHP SMK Putra Wilis Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Sportif, 3(3), 230-239.

Susanto, E. (2017). Pengembangan tes keterampilan dasar olahraga bola tangan bagi mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 116-125.

Syahrial, F., & Fatimah, F. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PADA OLAHRAGA PERMAINAN BOLA TANGAN PADA SISWA TINGKAT SMP 3 PRAYA KECAMATAN PRAYA LOMBOK TENGAH NTB. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 1(1), 73-79.

Wahyudi, N. A. (2018). Peran perkembangan industri olahraga dan rekreasi dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Keolahragaan UNIPMA (Vol. 1, No. 1, pp. 34-42).

Yani, A., Siregar, J., Zulkifli, Z., & Irma, A. (2022). PENERAPAN PERATURAN PERMAINAN BOLA TANGAN DAN MOTIVASI PADA PENGKAB ASOSIASI BOLA TANGAN INDONESIA (ABTI) ROKAN HILIR. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2123-2127.

Yusup, A. A. M., & Sari, A. I. C. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Kalkulus. Research and Development Journal of education, 6(2), 01-12.

License

Copyright (c) 2023 Sukardi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).