Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2

Authors

Haryani Sri Mardiyanti

DOI:

10.29303/jcar.v2i1.395

Published:

2020-02-24

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2020)

Articles

Downloads

How to Cite

Mardiyanti, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.395

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA-2 SMA Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran biologi pada materi perubahan lingkungan, melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PTK ini dilakukan melalui 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes diolah dengan menggunakan deskripsi persentase. Nilai yang diperoleh siswa dirata-rata untuk menemukan kemampuan berpikir kritis siswa. Data kualitatif diperoleh dari observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang di terapkan pada pembelajaran biologi pada materi perubahan lingkungan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa baik secara individual maupun klasikal, terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan yaitu dari nilai rata-rata siswa 79 pada siklus I dan meningkat menjadi 85 pada siklus ke II. Persentase ketuntasan adalah 77,7% pada siklus I dan meningkat menjadi  91,7% pada siklus II.

 

Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis; Perubahan lingkungan; Problem Based Learning (PBL).

References

Arnyana. (2007). Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Cooperative learning Serta Pengaruh Implementasinya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Pelajaran Ekosistem. Jurnal penelitian Universitas Negeri Malang. 2(1).

Depdiknas. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Biologi Untuk SMA. Jakarta.

Ennis, R.H. (2000). An Outline of Goals for a Critical Thinking Curriculum and Its Assessment. University of Illinois

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(1): 95-101

Kartini, S.R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Semarang Melalui Penerapan Model PBL Berbantuan Permainan Isometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA 2019, Vol.2, 836-840. ISSN 2613-9189

Nova, A. (2010). Menjadikan Anak Berpikir Kritis, Kreatif, Problem Solver.(online):http://edukasi.kompasiana.com/201011/30/menjadikan– anak-berpikir-kritis-kreatif-problem-solver/. diakses tanggal 16 April 2018.

Putri, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS di SMAN 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Unesa, 6(3): 236-241

Redhana, I,W. (2009). Application of Argument Mapping- Based Learning Model to Improve Students’ Critical Thinking Skill in Thermochemistry Topic. Proceeding of the third international Seminar on science education. Halaman . ISBN : 978 – 602 – 8171 – 14 – 1

Author Biography

Haryani Sri Mardiyanti, SMA Negeri 1 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).