Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Jigsaw Pada Siswa

Authors

Dian Setiawati , Agus Ramdani , Khairuddin

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3967

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Model pembelajaran Kooperatif, STAD, Jigsaw, Hasil belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Setiawati, D., Ramdani, A., & Khairuddin. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Jigsaw Pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 141–145. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3967

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Hasil belajar siswa pada umumnya masih tergolong rendah, hal ini dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran oleh guru yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Jigsaw. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah pre-ekperimental, pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah instrumen tes. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu tehnik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Tehnik pengolahan data pada penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis uji statistik yaitu rumus uji-t. Berdasarkan hasil tes penguasaan materi yang dilakukan oleh peserta didik dikelas eksperimen 1 nilai rata-rata pada data pre-tes adalah 63,9 dan pada data post-tes sebesar 74,9. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata data pre-tes sebesar 63,5 dan pada data post-tes sebesar 67,4. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan uji t diperoleh Thitung > Ttabel (4.204 > 2.002), dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student archievement division) dan Jigsaw di SMAN 5 Mataram.

References

Adnyana, M. E. (2020). Implementasi model pembelajaran STAD untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 496-505.

Esminarto, Sukowati, Nur, S & Khoirul, A. (2016). Imlementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(2), 20.

Fatirani, H (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Sistem Ekskresi Manusia Melalui Penggynaan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw. SECONDARY: Jurnal Inofasi Pendidikan Menengah, 2(2), 2223-225.

Hanifah, N (2016). Perbedaan Hasil Belajar Materi Elastisitas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD (Student Team Achievement Divisions) Sisaw Kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal ilmiah (JIM) Pendidikan Fisika, 1(3), 72.

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., ... & Ndraha, L. D. M. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325-332.

Haryanto, Abu, B & Muhammad ANI (2015). Studi Perbandingan Hasil Belajar pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia Antara Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Jigsaw Kelas X SMA Negri 3 Kuala Tungkal. Jurnal indo. Soc. Integ. Chem, 7(2), 55-56.

Khalistyawati, M & Muhyadi. (2018). Pengaruh STAD dan Jigsaw Terhadap Karakter Kerja Sama, Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif. Jurnal pendidikan karakter, 8(2), 189-192.

Nurcahyo, A & Nugroho, A. S (2022). Penerapan Model Pembelajaran Arias Diintegrasikan Dengan Pembelajaran Kooperatif STAD. Surabaya: Global Aksara pers.

Panjaitan, AY, Erlintan, S & Rasmi. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Sistem Endokrin Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 25.

Pujingsih, RRSH (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 55.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rumiyati (2021). Model Talking Stick Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jawa Tengah. PT Nasya Expanding Management.

Setiawan, D. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika melalui media pembelajaran segitiga bongkar pasang dengan strategi STAD. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 7-14.

Sholehah, N. (2022). Lesson Study: Penerapan STAD Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan keterampilan Proses Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 6-10.

Sudana, IPA & I, GAW (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1 dan 3.

Sudarsana, IKG (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Educational Develoment, 2(1), 185.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trisianawati, E, Tomo, Djudin & Redi Setiawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran. Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggu Ledo, 6(2), ISSN: 2087-9946.

Widarta, AY, Erlintan, S & Rasmi. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada Materi Sistem Endokrin Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan Journal of Biology Education, 8(1), 25.

Author Biography

Dian Setiawati, universitas mataram

License

Copyright (c) 2023 Dian Setiawati, Agus Ramdani, Khairuddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).