Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok
DOI:
10.29303/jcar.v2i1.397Published:
2020-02-27Issue:
Vol. 2 No. 1 (2020)Keywords:
Teks eksposisi, Pembelajaran kooperatif, Investigasi kelompokArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan upaya meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada siswa kelas X MIPA-3 SMAN 1 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumenter/kepustakaan. Observasi dilakukan dalam pembelajaran dua siklus yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIPA-3 SMAN 1 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyusun teks eksposisi. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 67 % pada prasiklus menjadi 75 % pada siklus I, dan 94 % pada siklus IIReferences
Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Darmawan, D. (2006). Metodelogi Penelitian Sebuah Pengantar. Surabaya: Metromedia Mandiri Pustaka.
Hariwijaya, M. dan Triton, P.B. (2008). Pedoman Penulisan Ilmiah Proposal dan Skripsi. Yogyakarta: ORIZA.
Kosasih, E. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mahsun. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Margono, S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherli. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritik-Praktis, dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Author Biography
Ilhamuddin Aminullah, SMA Negeri 1 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
License
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).