Analisis Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Authors

Nais Kusma Dewi , Muhammad Tahir , Husniati

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3974

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Orang Tua, Disiplin dalam belajar, Motivator

Articles

Downloads

How to Cite

Dewi, N. K. ., Tahir, M. ., & Husniati. (2023). Analisis Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Belajar Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 24–29. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3974

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kedisiplinan belajar  siswa  kelas IV di SDN 2 Mumbul sari. Jenis penelitian yang digunakan  adalah penelitian kualitatif deskriftif, Subjek pada penelitian ini adalah 10 orang tua dari siswa kelas IV di SDN 2 Mumbul Sari, tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi serta instrument yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan belajar siswa dapat dilihat dari beberapa aspek yang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan pertama orang tua sebagai pendidik (educator), bagian-bagian dari orang tua sebagai pendidik untuk meningkatkan kedisipilinan belajar siswa diantaranya: memberikan tugas pada anak, membuat jadwal belajar dirumah, disiplin dalam mendidik anak yang kedua peran orang tua sebagi pendorong (motivator) yakni: memberikan nasihaat pada anak, memberikan perhatian pada anak, memberi motivasi pada anak yang ketiga orang tua sebagai pengawas (supervisor) yakni: mengawasi anak dalam belajar, mengenali tehnik belajar pada anak yang terahir orang tua sebagai fasilitator yakni menyediakan fasilitas pada anak.

References

Adrian., & Syaifuddin, M. l. (2017). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga. Jurnal kependidikan dan socil keagamaan. 3(2)

Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi kasus). Journal Of Education Science, 5(2), 1-12.

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105-117.

Anugrah, M. S. W. (2022). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 139-147.

Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138.

Fitoroturrohmah, Melida.,dkk (2019). Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di SDN Kedung o1 jepara. Journal of primary and Childrens Education. 2 (2).

Fitrah & Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus). Jawa Barat: CV Jejak.

Fitroturrohmah, M., Purwadi, P., & Azizah, M. 2019.

Hanita, H., & Memelina, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Memanfaatkan Bahan Alam Sebagai Media Pembelajaran di Rumah pada Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 4(2), 43-50.

Karlina, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Sikap Spiritual dan Sosial di Sekolah Menengah Pertama. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(2), 358-375.

Nurya, S., & Saputra, H. H. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Gerakan Literasi Sekolah Pada Siswa Kelas Awal. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 321-330.

Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341-361.

Riza, M. F., & Masykur, A. M. (2015). Hubungan antara motivasi berprestasi siswa dengan kedisiplinan pada siswa kelas VIII reguler MTsN Nganjuk. Jurnal Empati, 4(2), 146-152.

Rosiani, B. N., Gunayasa, I. B. K., & Saputra, H. H. (2023). Layanan Orientasi Tentang Tata Tertib Dan Perilaku Disiplin Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 171-177.

Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Penelitian Pedagogis, 4 (1), 94-107

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung, 62-70.

Sustriyani. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Pestasi Belajar. /Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konsling. 2020

Sustriyani. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Pestasi Belajar. /Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konsling. 2020

Welda Wulandari (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 21-31-2017

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Nais Kusma Dewi, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Nais Kusma Dewi, Muhammad Tahir, Husniati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).