Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

Edi Supriatna

DOI:

10.29303/jcar.v2i1.398

Published:

2020-02-25

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2020)

Keywords:

Model pembelajaran, Problem based learning, Hasil belajar.

Articles

Downloads

How to Cite

Supriatna, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 15–19. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.398

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Praya siswa kelas XI MIPA-2 sebanyak 32 siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa yang baik terhadap penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SMA Negeri 1 Praya Lombok Tengah

References

Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2012). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Parasamya, C.E, Wahyuni, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) 2(1): 42-49

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Suniana. (2016). Penerapan Pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Bubon. Skripsi tidak di terbitkan. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

Author Biography

Edi Supriatna, SMA Negeri 1 Praya, Kabupaten Lombok Tengah,Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).