Analisis Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Authors

Amalia Sukmawati , Laila Hayati , Nurul Hikmah , Baidowi

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3980

Published:

2023-06-13

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Belajar, Program Linear.

Articles

Downloads

How to Cite

Sukmawati, A., Hayati, L. ., Hikmah, N., & Baidowi. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 210–219. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3980

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada materi program linear ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI SMAN 1 Narmada. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan satu kelas dengan subjek penelitian berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa, tes tertulis untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa pada materi program linear, dan wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas konstruk menggunakan pendapat para ahli. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu diadopsi dari Miles dan Hiberman yang terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) kesimpulan. Hasil penelitian kemampuan representasi matematis siswa bergaya belajar visual memiliki nilai rata-rata sebesar 40,97 berkategori rendah. Nilai rata-rata kemampuan representasi matematis bergaya belajar auditorial sebesar 54,53 berkategori sedang. Nilai rata-rata kemampuan representasi matematis bergaya belajar kinestetik sebesar 55,83 berkategori sedang. Hal ini menunjukkan kemampuan representasi matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada materi program linear kelas XI di SMAN 1 Narmada tergolong sangat rendah.

Author Biography

Amalia Sukmawati, UniversitasMataram

License

Copyright (c) 2023 Amalia Sukmawati, Laila Hayati, Nurul Hikmah, Baidowi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).