Profil Kemampuan Literasi Baca Tulis Peserta Didik Pasca Implementasi Model TaRL SAC

Authors

Bima Adha , Nurul Kemala Dewi , Arif Widodo

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3992

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Kemampuan literasi, Model TaRL SAC, Baca tulis.

Articles

Downloads

How to Cite

Adha, B. ., Dewi, N. K. ., & Widodo, A. . (2023). Profil Kemampuan Literasi Baca Tulis Peserta Didik Pasca Implementasi Model TaRL SAC. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 35–40. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3992

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profil kemampuan literasi baca tulis peserta didik kelas III di MI Minhajussa’adah pasca implementasi model TaRL SAC tahun ajaran 2022/2023 dan faktor-faktor yang mempengaruhi literasi baca tulis peserta didik di kelas III. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif  sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, obervasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pasca implementasi metode TaRL terhadap kemampuan literasi baca tulis di Mi Minhajussa’adah hal ini dapat dilihat darikemampuan awal pesrta didik dari level kemampuan literasi sebelum implementasi:  1 peserta didik pada level pemula,  1 peserta didik pada level huruf, 1 peserta didik pada level kata, 6 peserta didik pada level paragraf, 5 peserta didik pada level cerita 1, dan 1 pada level cerita 2. Sedangkan sesudah penerapan Semua Anak Cerdas (SAC) dengan menggunakan metode TaRL tedapat 1 peserta didik pada level kata, 1 pada level paragraf, 1 peserta didik pada level cerita 1, 12 peserta didik pada level cerita 2.  Adapun faktor yang mempengaruhi kemapuan lierasi baca tulis peserta didik antara lain kurangnya ekonomi keluarga, kurangnya minat baca pada diri anak, kurangnya kesadaran orang tua, dan tidak adanya les tambahan bagi anak. Berdasarkan penilaian akhir dapat disimpulkan bahwa dari 15 peserta didik, terdapat 12 peserta didik yang kemampuan membacanya sudah berada pada level cerita 2 sehingga penerapan Semua Anak Cerdas (SAC) dengan menggunakan metode TaRL berhasil meningkatkan kemampuan literasi baca tulis peserta didik di kelas III MI Minhajussa’adah.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi nilai-nilai pancasila bagi siswa di era globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440-450.

Banerjee, A., Banerji, R., Berry, J., Duflo, E., Kannan, H., Mukherji, S., ... & Walton, M. (2016). Mainstreaming an effective intervention: Evidence from randomized evaluations of “Teaching at the Right Level†in India (No. w22746). National Bureau of Economic Research.

Erfan, M.,Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. k., Oktavianti, I., & Hamdani, I. (2021). Identifikasi Wawasan Literasi Dasar Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Levek Kemampuan Siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-8.

Fitrah, M., & Luthfiyah, D. (2017). Metode Penelitian . jawa barat : Cv Jejak.

Hartika, L., Asrin, A., & Hasanah, N. (2022). Pembelajaran Literasi dan Numerasi Dasar Berbasis Pendekatan Semua Anak Cerdas (SAC) di SDN Gunung Borok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 1001-1010.

Khasanah, K. (2019). Hubungan Minat Baca dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal, 8(2), 89-93.

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Ningsih, H. S., & Alpusari, M. (2019, August). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 122-126).

Okataviani, L., Intiana, S, R, H., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Pengelompokan Level Literasi terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 1 Beleka Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(2), 330-336.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Rizanti, W. N., & Jufri, A. W. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 114-120.

Sukmadinata, N. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya.

Widodo, A., Indraswasti, D., Erfan, M., Maulyda, M. A., & Rahmatih, A. N. (2020). Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 34.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Bima Adha, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Bima Adha, Nurul Kemala Dewi, Arif Widodo

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).