Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Pelajaran IPS

Authors

Zaen Nuraini , Nurul Kemala Dewi , Dyah Indraswati , Dyah Indraswati

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4007

Published:

2023-05-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Ilmu Pengetahuan Sosial, Media Pembelajaran, Google Sites

Articles

Downloads

How to Cite

Nuraini, Z., Nurul Kemala Dewi, Dyah Indraswati, & Dyah Indraswati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Pelajaran IPS . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 279–284. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4007

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas V SDN 48 Cakranegara adalah guru sangat jarang menggunakan media pembelajaran, khususnya media pembelajaran yang berbau teknologi pada materi pembelajaran Letak Geografis dan Astronomis Indonesia. Peneltian bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana hasil pengembangan media pembelajaran Google Sites berbasis web untuk peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPS, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Google Sites berbasis web untuk peserta didik kelas V SD. Jenis penelitian ini yaitu Reseach and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analysis, 10design,development, dan implementation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran Google Sites berbasis web, kelayakan media pembelajaran Google Sites pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata presentase 80% dan ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan presentase 90%. Hasil uji coba kelompok kecil tahap I medapatkan kriteria sangat baik dengan rerata 95% dan tahap II mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata presentase 97%. Oleh karena itu media pembelajaran Google Sites berbasis web dapat digunakan untuk pembelajaran IPS di kelas V SD.

References

Adini, E. Y., Hasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran MAPENA (Mainan peta anak) pada materi IPS untuk peserta didik kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 1-7

Aeni, W. A., danYusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk Sma E-Komik Learning Media Model For Senior High School. Jurnal Teknologi Pendidkan, 06(01), 43–59.

Anderson, Ronald. (1994). Pemilihan dan Pengembangan Media Audio Visual. Jakarta:

Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1998). Educational research: An introduction. New York, NY: Longman.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ermiana, I., Umar, U., Khair, B. N., Fauzi, A., & Sari, M. P. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Peserta didik SD Inklusif Dalam Memecahkan Soal Cerita. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education),4(6), 56.

Fransiska, Y. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Bantuan Multimedia terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Bengkalis (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hardianto, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB (Google Sites) di Tingkat SMP Kelas VIII (Doctoral dissertation).

Harsanto, B. (2012). Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites. Available at: http://elearning.fe.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/2012/09/Panduan-ELearning-Menggunakan-GoogleSites.pd.

Heinich, R., dkk. ( 1996). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Inc. Majalah llmiah Pembelajaran Edisi Khusus 2012

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan lks berbasis rme dengan pendekatan problem solving untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51-63.

Indriani, N. M. P. S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Materi Bangun Datar Peserta didik Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 516-520

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk peserta didik kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182.

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: Pustaka Abadi

Miarso, Y. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definsi dan Kawasannya. Jakarta: UNJ.

Nugroho, M. K. C., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Mata Pelajasan Sosiologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59-70.

Nurdin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Materi Mendongeng di Masa Pandemi Covid 19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 43-52.

Oktaviyanti, Itsna & Setiani Novitasari. 2019. Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Musamus Journal of Primary Education, Vol. 2 (1), 51.

Parni, P. (2020). Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Cross-border, 3(2), 96-105.

Putra, A., Istiningsih, S., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Muatan IPS. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 121-127.

Rizanti, W. N., & Jufri, A. W. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 114-120.

Wijayanti, A. M., Witono, A. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Pengambangan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Kebudayaan NTB Untuk Pemahaman Diri Siswa Akan Keberagaman Budaya Pada Pelajaran IPS Kelas IV SD. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 220-227.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Zaen Nuraini, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Zaen Nuraini, Nurul Kemala Dewi, Dyah Indraswati, Dyah Indraswati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).