Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran PPKN

Authors

Elma Ayu Widari , Muhammad Makki , Ilham Syahrul Jiwandono

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4014

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking chips, Hasil Belajar, PPKn.

Articles

Downloads

How to Cite

Ayu Widari, E., Makki, M., & Syahrul Jiwandono, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran PPKN. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 190–197. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4014

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips terhadap hasil belajar muatan pelajaran PPKn pada siswa kelas V di SDN 1 Krama Jaya. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimental design dengan tipe Nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN 1 Krama Jaya dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 27. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Tes dan Observasi Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal tes pilihan ganda (Pre-test dan Post-test) dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips. Teknik Analisis data diawali dengan uji prasayarat yaitu uji normalitas dengan uji kolmogrov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji levene test. Selanjtnya yaitu uji hipotesis dengan menggunakn uji independent sample t test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung  = 2.158 sedangkan t tabel = 1,67412  Sehingga t hitung ≥ t tabel dan diperoleh nilai sig 2 tailed 0,035 < 0,05 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran  kooperatif tipe talking chips terhadap hasil belajar muatan pelajaran PPKn pada siswa kelas V di SDN 1 Krama Jaya.

References

Asikin, Z., Nisa, K. & Jiwandono, I.S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan Games terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV Gugus 04 Kecamatan Praya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4): 711–716.

Asmawati Maisah, Nurhasanah, J.I.S. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan Ppkn Kelas Iv Sdn Pemepek Kecamatan Pringgarata Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Inovasi Peneliian, 1(7): 1289–1296.

Darmadi (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Desi Putri, R. & Bentri, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IX Di SMP Negeri 7 Muara Bungo. Jurnal Family Education, 3(1): 13–18.

Dewi, N.R., Nisa, K. & Jiwandono, I.S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT) Tipe Percontohan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PPKN Kelas IV SDN 3 Peresak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7): 1465–1474.

Fauziah, N. R., Dewi, N. K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Poster Muatan PPKN Materi Pancasila Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 7-14.

Huda, M. (2017). Cooperative Learning; Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2019). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Khairunnisa, K. & Jiwandono, I.S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1): 9.

Oktafyani, A., Istiningsih, S., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Angka Perkalian Terhadap Minat Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 67-75.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Setiawan, D. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan. Medan: Madenatera.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Suriani, F., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan RPP Berbasis HOTS di Kelas Rendah. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 101-104.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Elma Ayu Widari, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Elma Ayu Widari, Muhammad Makki, Ilham Syahrul Jiwandono

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).