Nilai Dalam Tradisi Nyiwak Upacara Adat Kematian Masyarakat Di Desa Bagik Payung Timur

Authors

laila hidayati , M Ismail , Bagdawansyah Alqadri

Published:

2023-05-30

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2020)

Keywords:

Nilai, Tradisi, Adat Kematian

Articles

How to Cite

hidayati, laila, Ismail, M., & Alqadri, B. (2023). Nilai Dalam Tradisi Nyiwak Upacara Adat Kematian Masyarakat Di Desa Bagik Payung Timur. Journal of Classroom Action Research, 2(1). Retrieved from https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/4019

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Tradisi nyiwak merupkan suatu rangkaian acara yang dilaksankan secara turun-temurun oleh Masyarakat di Desa Bagik Payung Timur dalam rangka memperingati hari kesembilan kematian seseorang setelah acara pemakaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi nyiwak. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis etnografi. Subjek dalam penelitian ini ialah Masyarakat Desa Bagik Payung Timur. Teknik pengumpulan data menggunkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunaka Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi nyiwak dilaksankan dalam beberapa tahapan kegiatan diantaranya piak keratak dan piak jaja goro, lelakok, mesilak dan piak jaja basaq, gawe dina, penyembelihan kambing, zikiran dina, sesorongan, dan tahapan penutupan yaitu rebak jangkih. Selain itu Tradisi nyiwak juga memilki nilai-nilai yang terdapat dalam pelaksanaanya seperti nilai gotong royong, nilai sosial, nilai persaudaraan, nilai religius dan nilai budaya, selain dari pada itu ada beberpa alasan mengapa Masyarakat di Desa Bagik Payung Timur melaksanakan Tradisi nyiwak yaitu karena tradisi nyiwak ialah warisan leluhur, tradisi nyiwak sebagai wujud rasa  kemanusiaan antar masyarakat.

References

Anggraini, N, Dahlan,D&Haslan,M. (2018). Nilai-nilai Pancasila dalam Merqriq Pada Masyarakat Sasak. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1).

Aman, L, Saharudin, Khairussiybyan, M. (2022). Wujud Budaya Sasak Dalam Novel Sanggarguri: Kajian Antropologi Sastra.

Fitriani, A, (2022). Pelaksanaan Tradisi Banjar Begawe Dan Implementasi Nilai-nilai (Studi Desa Suwangi Timur Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 34-42.

Mugni, (M. (2018). Fungsi Dan Makna Ritual Pelayaran Dalam Kematian Masyarakat Sasak Di Desa Kalijaga Selatan, Kecamatan Aikmel (Disertasi Doktor, Universitas Mataram).

Nurlatifa, A, Zubair, M., Fauzan, A., & Alqadri, B. (2022). Nilai dan Makna Simbol dalam Tradisi Maulid Adat Bayan. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 3365-3381.

Pujileksono. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif: Malang. Penerbit Kelompok Intrans Publishing.

Ristianah, N, (2020). Internalisasi Nilai-nilai Keislaman Perspektif Sosial Kemasyarakatan. Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Sawaludin, (2016). Nilai-nilai karakter bangsa dalam tradisi tari caci di masyarakat Manggarai Desa Golo Ndoal Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 59-64.

Salim dan Syahrum .(2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Bandung. Cipustaka Media

Sugiyono. (2018). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Author Biography

laila hidayati, universitas mataram

License

Copyright (c) 2023 laila hidayati, M Ismail, Bagdawansyah Alqadri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).