Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi dengan Kompetensi Dasar Prinsip Kerja Televisi Warna

Authors

Abdul Kadir

DOI:

10.29303/jcar.v2i1.405

Published:

2020-02-28

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2020)

Keywords:

Media pembelajaran, Prestasi belajar, Kompetensi Dasar.

Articles

Downloads

How to Cite

Kadir, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi dengan Kompetensi Dasar Prinsip Kerja Televisi Warna. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.405

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi kelas XI SMK Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Audio Video yang berjumlah 34 orang yang terdiri dari 31 orang putra dan 3 orang putri dan objek penelitian ini adalah media pembelajaran rangkaian blok penerima telvisi warna yang merupakan pendukung dalam proses pembelajaran. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan instrumen proses dan instrumen hasil lembar Kerja Siswa (LKS). Keberhasilan dalam penelitian ini dapat dilihat dari aktivitas siswa dan guru saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media secara efektif sehingga secara individual memperoleh nilai minimal mencapai KKM 7,0 dan secara kualitas yaitu prosentase jumlah siswa yang menunjukkan minat, kretivitas, kerjasama, dan keaktifan dalam proses pembelajaran mencapai minimal 80 % ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran sebagai media atau alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi Sistem Penerima Televisi Warna kelas XI Semester Genap SMK Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019

References

Hamalik, O. (1986). Media Pendidikan. IKIP Bandung.

Kemmis, S & Mc Taggart, R. (1992). The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor II/MPR/1983 Tahun 1983 Tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara. Jakarta.

Setiawan, W.A. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi Kelas Xi AV di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 6 (1) : 85-91

Smaldino, L. & Russell. (2011). Instructional Technology and Media Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukmawati, R.A dan Purnamasari, W. 2016. Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 86 - 94

Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 30 ayat. Jakarta.

Author Biography

Abdul Kadir, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).