Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

Sri Murni

DOI:

10.29303/jcar.v2i1.406

Published:

2020-02-28

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2020)

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif

Articles

Downloads

How to Cite

Murni, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 57–62. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.406

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan hasil belajar peserta didik, (2) Mengembangkan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 6  di SMA Negeri 1 Mataram pada materi suhu dan kalor tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian terdiri dari data kualitatif dan kuntitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil posttes diolah dengan menggunakan deskripsi persentase.Data kualitatif diperoleh observasi pelaksanaan pembelajaran melalui LKPD dan angket penilian diri, data dianalisis berdasarkan aspek-aspek kemampuan berfikir kritis. Data kualitatif dan kuantitatif ini dijadikan sebagai dasar untuk mendeskripsikan keberhasilan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil tindakan pada siklus I menggambarkan persentase klasikal rata-rata aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 83% dengan kriteria baik dan 74% hasil belajar kognitif  peserta didik tuntas. Hasil tindakan pada siklus II menggambarkan persentase klasikal rata-rata aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 87% dengan kriteria baik dan 87% hasil belajar kognitif  peserta didik tuntas. Hasil tindakan pada siklus III menggambarkan persentase klasikal rata-rata aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 88% dengan kriteria baik dan 90% hasil belajar kognitif  peserta didik tuntas. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar fisika serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Mataram tahun ajaran 2018/2019.

References

Astuti, Y. & B. Setiawan. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendeka¬tan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1): 88-92.

Budiyono, A & Hartini. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4(2): 141-149. Tersedia di http://jurnal.uim.ac.id [diakses 7-10-2017].

Hussain, A., M. Azeem, & A. Shakoor. 2011. Physics Teaching Methods: Scientific Inquiry Vs Traditional Lecture. International Journal of Humanities and Social Science, 1(19): 269-276.

Purwanto, A. 2012. Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Exacta, 10 (2): 133-135.

Rodiyana, R. 2015. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1): 34-43. Tersedia di http://jurnal.unma.ac.id [diakses 7-10-2017].

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Simbolon, D.H. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3): 299-315. Tersedia di http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/ [diakses 7-10-2017].

Sochibin, A., P. Dwijananti, & P.Marwoto. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin untuk Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(): 96-101. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id [diakses 7-10-2017].

Suryadi, Bambang. 2016. BSNP dan Balitbang Lakukan Harmonisasi Empat Standar Acuan Revisi Kurikulum 2013. BSNP, Juni. Hlm. 13-4.

Usrotin, D., Wiyanto, & S.E. Nugroho. 2013. Penerapan Pembelajaran Melalui Kegiatan Laboratorium Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, Berkomunikasi, dan Bekerjasama. Unnes Physics Education Journal, 2(3): 68-73.

Yudanto, M.A.F., Sarwi, & Mosik. 2013. Penerapan Model Active Learning Melalui Eksperimen Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Physics Education Journal, 2(3): 25-30

Author Biography

Sri Murni, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).