Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 28 Cakranegara Tahun Ajaran 2022/2023.

Authors

Nani Fitriani , Husniati , Umar

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4064

Published:

2023-07-03

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2021)

Articles

Downloads

How to Cite

Fitriani, N., Husniati, & Umar. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 28 Cakranegara Tahun Ajaran 2022/2023. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 254–261. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4064

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual

berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 28 Cakranegara tahun

ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan

desain quasi eksperimen dan non-equivalent control group design. Seluruh siswa kelas V SDN

28 Cakranegara menjadi populasi penelitian, dimana samppel yang digunakan yakni 31

siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan

data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda pada mata

pelajaran matematika. Ujian berlangsung dalam pre-test dan post-test. Bahan penelitian diuji

menggunakan bantuan SPSS 29 for windows dengan uji independent sample t-test dengan

taraf signifikansi 5% atau 0,05 dan dk = n1 + n2 - 2 dengan hasil thitung > ttabel yaitu. 6,505 >

1,67252, maka H0 yang ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hipotesis di atas dapat

disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping berpengaruh

terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 28 Cakranegara tahun ajaran

2022/2023.

Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping dan hasil belajar matematika

Author Biography

Nani Fitriani, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Nani Fitriani, Husniati, Umar

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).