Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 28 Cakranegara Tahun Ajaran 2022/2023.
DOI:
10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4064Published:
2023-07-03Issue:
Vol. 3 No. 2 (2021)Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual
berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 28 Cakranegara tahun
ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan
desain quasi eksperimen dan non-equivalent control group design. Seluruh siswa kelas V SDN
28 Cakranegara menjadi populasi penelitian, dimana samppel yang digunakan yakni 31
siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda pada mata
pelajaran matematika. Ujian berlangsung dalam pre-test dan post-test. Bahan penelitian diuji
menggunakan bantuan SPSS 29 for windows dengan uji independent sample t-test dengan
taraf signifikansi 5% atau 0,05 dan dk = n1 + n2 - 2 dengan hasil thitung > ttabel yaitu. 6,505 >
1,67252, maka H0 yang ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hipotesis di atas dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping berpengaruh
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 28 Cakranegara tahun ajaran
2022/2023.
Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping dan hasil belajar matematika
Author Biography
Nani Fitriani, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Nani Fitriani, Husniati, Umar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).