Analisis Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Prestasi Belajar Siswa

Authors

Nirmala Sari , Ketut Sarjana , Muhammad Turmuzi , Laila Hayati

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4290

Published:

2023-07-04

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

elf-Regulated Learning, Prestasi Belajar Matematika,

Articles

Downloads

How to Cite

Sari, N., Sarjana, K. ., Turmuzi, M. ., & Hayati, L. (2023). Analisis Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Prestasi Belajar Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 269–278. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4290

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-regulated learning dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IIS SMAN 1 Praya Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini sebanyak 122 orang dan sampel penelitian ini sebanyak 32 orang. Teknik pongambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai  dimana hasil tersebut lebih dari 0,349 atau  dan hasil persamaan regresi linear yang diperoleh adalah . Artinya self-regulated learning memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar yakni semakin tinggi self-regulated learning yang dimiliki siswa maka semakin tinggi prestasi belajar siswa. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 27 %. Artinya self-regulated learning memberikan kontribusi sebesar 27% terhadap prestasi belajar dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

References

Arsyad, R. N., Pomalato, S. W. D., Abbas, N., & Achmad, N. (2022). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 48–56. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.12423

Asyhaer, D. M., Wulandari, N. P., & Sarjana, K. (2023). Pengaruh Self-Regulated Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan pada Santriwati MTs. Journal of Classroom Action Research. 5, 9-15. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3676

Daniela, P. (2015). The Relationship Between SelfRegulation, Motivation And Performance At Secondary School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 2549–2553. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.4 10.

Darmiany, D. (2016). Self-regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 72. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i1.2015

Fatimah, P., Makki, M., Umar. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research. 5, 51-57. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3932

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3300

Feliarosa, D. D., & Simanjuntak, E. (2021). Self Regulatedjjjh Learning Dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Smalb/B Xhgyyuyy. EXPERIENTIA : Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 63–70. http://jurnal.wima.ac.id/index.php/EXPERIENTIA/article/view/3064

Fitriana, I., Sridana, N., Wahidaturrahmi, W., & Sripatmi, S. (2022). Hubungan Kemandirian Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 909–920. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.251

Hadi, A.M., Saifullah, & Arapat, Y. (2021). Hubungan Self Regulated Learning Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Akademik Matematika Mahasiswa STKIP Bima. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35-40.

Julaecha, S., & Baist, A. (2019). Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SMK kelas XII pada pelajaran matematika. Jurnal Analisa, 5(2), 103–108. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.4752

Kidjab, M. R., Ismail, S., & Abdullah, A. W. (2019). Deskripsi Kemandirian Belajar Dalam SPembelajaran Matematika Smp. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 7(1), 25–31. https://doi.org/10.34312/euler.v7i1.10330

Kurnia, D., & Warmi, A. (2019). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dari Fase-Fase Self-Regulated Learning. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1.

Kurniawan, E. (2022). Peran Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Era New Normal. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 327–334. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.196

Larasati, I., Joharman, J., & Salimi, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Buluspesantren. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 125–135. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26999

Marlibi, M., Aspin, A., & Silondae, D. P. (2021). Self-Regulated Learning Dengan Prestasi Belajar Matematika Dan Bahasa Inggris. Jurnal Sublimapsi, 2(2), 1. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v2i2.11453.

Nahdi, D. S. (2017). Self Regulated Learning sebagai Karakter dalam Pembelajaran Matematika. The Original Research of Mathematics, 2(1), 20.

Nurfa, R., & Quraisy, A. (2021). Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman, 1, 2830–3059.

Pratama, F. W. (2017). Peran Self-Regulated Learning Dalam Memoderatori Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Satya Widya, 33(2), 99–108. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p99-108

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57

Ruliyanti, B. D., & Laksmiwati, H. (2014). Hubungan antara Self Efficacy dan Self Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Matematika Siswa SMAN 2 Bangkalan. Character, 3(2), 1–7.

Sari, E. R., & Satwika, Y. W. (2018). Hubungan antara self-regulated learning dengan prestasi akademik siswa di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/24581/22496

Sarjana, K., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., Lu’luilmaknun, U., & Kurniawan, E. (2022). Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika di Era New Normal. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 309–316. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.303

Sholiha, T. A., Kurniati, N., Tyaningsih, R. Y., & Prayitno, S. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning (SRL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Masbagik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1355–1362. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.745

Sukmawansyah, A. T., Hakim, L., & Hartono, R. (2019). Hubungan Self-Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Diskursus Ilmu Psikologi & Pendidikan, 1, 21–25.

Sulastri, E., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 289–302. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1875

Wahyuningtyas, N. (2022). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Regulated Learning dengan Prestasi Belajar. 11(3), 49–63.

Yumna, N., Sukarti, & Gusniarti, U. (2020). Efektivitas Pelatihan Self-Regulated Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Matematika Di Madrasah Tsanawiah "X" Sleman. Jurnal Psikologi MalahayatI, 2(1), 36-49.

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema, 1(2), 31. https://doi.org/10.25157/.v1i2.549

Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1),3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501.

Zulfikar, M. A., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Segugus IV Sekabupaten Dompu. Journal of Classroom Action Research, 4(2). 140-146. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1740

Author Biography

Nirmala Sari, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Nirmala Sari, Ketut Sarjana, Muhammad Turmuzi, Laila Hayati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).