Pengembangan Media Puzzle Kalimat Berbahan Dasar Barang Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik
DOI:
10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4315Published:
2023-05-30Issue:
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): MeiKeywords:
Media Pembelajaran, Puzzle Kalimat Berbahan Dasar Barang BekasArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Puzzle Kalimat Berbahan Dasar Barang Bekas untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan, mengetahui kelayakan media Puzzle Kalimat Berbahan Dasar Barang Bekas untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelas II SDN 34 Mataram. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahap penelitian, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Alat pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Puzzle Kalimat Berbahan Dasar Barang Bekas yang dikembangkan dinyatakan sangat layak. Berdasarkan penilaian dari ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata presentase 93%, penilaian dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata presentase 96%. Respon peserta didik mendapatkan kriteria sangat baik dengan rerata presentase 96%. Dan perubahan rata-rata nilai seluruh peserta didik dari 68 menjadi 87. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka media Puzzle Kalimat Berbahan Dasar Barang Bekas sangat layak diterapkan pada peserta didik kelas II SDN 34 Mataram.
References
Alfiatun, N. Aditya, M., & Wulan. C. (2013). Efektivitas Kombinasi Kooperatif Time Token dengan Picture Puzzle Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Of Biologi Education. 2(2).
Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Kota Serang Baru (KSB): Penerbit Laksita Indonesia.
Cahyadi. (2019). Media Pembelajaran. Serang Baru. Laksita Indonesia.
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Gafindo Persada.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Hendrayani, A. (2017). Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunnaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan. 6(1). 239-240.
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Indriyanti, L., Gani, A.. A., & Muhardini, S. (2020). Pengembangan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN 38 Mataram. CIVICUS: Penelitian Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 8(2). 108-117.
Isran, R. K. S., & Rohani (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 91-96.
Istiningsih, S., Darmiany, D., Asri, F P., & Erfan, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Di Era New Normal. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education). 4(6).
Kumala. (2019). Penggunaan Media Puzzle dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kata pada Tema Kegemaranku Kelas I MIN 5 Aceh Besar. Banda Aceh.
Lisa, I. (2020). Pengembangan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 Sub Tema 1 Kelas 1 SDN 38 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).
Mulyani, Sri. (2009). Upaya Meningkatnya Kemampuan Membaca Menulis Permulaan SIswa Kelas I Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Terpadu. Tesis. Program Pascasarjana. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.
Munadi, Yudhi. (2010). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada.
Mussadat, Syaiful, dkk. 2011. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Rendah. Mataram.: Cerdas Press.
Olyvia, L. (2022). Pengembangan Media Puzzle Syllables Letter Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasasr Hadi Sakti. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mataram. Universitas Mataram.
Purwono, U. 2008. Kisi-Kisi Lembar Penilaian Ahli Materi Badan Standar Nasional Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media.
Resmini, N. (2009). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung : UPI PRESS.
Resmini, N., & Juanda, D. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi. Bandung : UPI PRESS.
Safaaturosana, S. J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbahan Dasar Barang Bekas Kelas IV SD. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mataram. Universitas Mataram.
Sagita, D., Rosidin, O., & Yuliana, R., (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Android Pada Keterampilan Menulis Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 77-84.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2018). MetodePenelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suryani, N. Setiawan, A. Putri, A. (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : CV Angkasa.
Wedham, I. W. B. M. (2022) Pengembangan Media Puzzle Suku Kata Untuk Melatih Kemampuan Peserta Didik Kelas 1 SDN 1 Jagaraga. .Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mataram. Universitas Mataram.
Mulyati, Yati. (2011). Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. Modul. Universitas Pendidikan Indonesia.
Author Biography
Devi Tri Oktaviani, Universitasmataram
License
Copyright (c) 2023 Devi Tri Oktaviani, Siti Rohana Hariana Intiana, Mansur Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).