Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Terhadap Soal –Soal PISA Pada Materi Virus dan Bakteri

Authors

Zahra Aziza Zulanwari Zulanwari , Agus Ramdani , Syamsul Bahri

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4374

Published:

2023-05-30

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Bakteri, Literasi sains, PISA, Virus.

Articles

Downloads

How to Cite

Zulanwari, Z. A. Z., Ramdani, A., & Bahri, S. . (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Terhadap Soal –Soal PISA Pada Materi Virus dan Bakteri. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 210–216. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4374

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMAN 1 Sakra. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa SMAN 1 Sakra terhadap soal-soal PISA (Programme for International Student Assessment) pada materi “Virus dan Bakteriâ€. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Sakra berdasarkan soal PISA tergolong kategori rendah dengan persentase rata-rata literasi sains yang didapatkan sebesar 46,26%. Berdasarkan gender, kemampuan literasi sains siswa laki-laki tergolong sangat rendah dengan persentase sebesar 42,38%, sedangkan kemampuan literasi sains siswa perempuan tergolong rendah dengan persentase sebesar 50,14%. Rendahnya kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri 1 Sakra dalam menyelesaikan soal-soal PISA disebabkan karena kurangnya kemampuan siswa dalam mencermati soal, memahami isi bacaan, dan  kemampuan bernalar yang tinggi.

References

Amin, S. (2018). Perbedaan Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1 (1): 38-43.

Angraini, G. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X di Kota Solok, Prosiding Mathematics and Sciences Forum, Bandung.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Awara, N. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X Mia MAN 2 Payakumbuh pada Pelajaran Biologi Berdasarkan PISA 2015. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri: Batusangkar.

Ayu, D., Saputri, F., & Widyaningrum, T. (2016). Misconceptions analysis on the virus chapter in biology textbooks for high school students grade X. International Journal of Active Learning, 1(1), 31–37.

Djaali., & Muljono, P. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Fitriani., Harahap, F., & Manurung, B. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Sains Biologi Siswa SMA Se Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Medan: Universitas Negeri Medan.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Haier, R. J., Jung, R. E., Yeo, R. A, Head, K., & Alkire, M. T. (2004). The Neuroanatomy of General Inteliligence: Sex Matters. Neurolmage. 25 (1): 320.

Hartono. (2011). Metodologi Penelitian. Zanafa Publishing: Pekanbaru.

Hidayani. S., Jamaluddin., & Ramdani, A. (2021). Pemanfaatan Hasil Pengembangan Instrumen Untuk Penilaian Literasi Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 2 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1): 73-77.

Maharani, A., Aziza, I. M., Astari, M. T., Wigati, I., Oktiansyah, R., & Hapida. Y. (2019). Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender dalam Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Palembang: UIN Raden Fatah.

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Mulyani, R., Fadlika, R. H., & Dewi. T. N. S. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender di Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12 (2): 104-109.

Novita, M., Rusilowati, A., Susilo., & Marwoto, P. (2021). Meta-Analisis Literasi Sains Siswa di Indonesia. Unnes Physics Education, 10 (3): 209-2015.

OECD. (2003). PISA 2003 Assessment Framework Mathematics, Reading. Science and Skills . Paris: OECD Publishing.

OECD. (2014). PISA 2012 Result: What Students Know and Can Do-Student Performance in Mathemathics, Reading and Science. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34-42.

Ramadhani, F., & Angela, L. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Kerinci. Jurnal Simbiosa, 10 (2): 95-104.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Rifki, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa di Pondok Pesantren Mwnggunakan Framework Programme For Internation Students Assesment (PISA) 2015. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12 (1): 22-32.

Sutrisna. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Winata, A., Cacik, S., & Seftia, I. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas Pada Materi Daur Air. JTIEE, 2 (1): 58-64.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Zahra Aziza Zulanwari Zulanwari, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Zahra Aziza Zulanwari Zulanwari, Agus Ramdani, Syamsul Bahri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).