Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa

Authors

Lala Dwi Sasmitha , Gito Hadiprayitno , Mohammad Liwa Ilhamdi , A. Wahab Jufri

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4623

Published:

2023-05-30

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Media, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains

Articles

Downloads

How to Cite

Sasmitha, L. D. ., Hadiprayitno, G. ., Ilhamdi, M. L. ., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 292–298. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4623

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Abad 21 memiliki banyak perubahan salah satunya dalam bidang Pendidikan dan teknologi, pendidik dituntut untuk menguasai teknologi guna menunjang pembelajaran yakni dalam penggunaan media pembelajaran seperti media pembelajaran berbasis android, penggunaan media pembelajaran tidak lepas dari kaitannya untuk mengembangkan ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains serta perbedaan pengaruhnya terhadap indikator keterampilan proses sains siswa kelas XI di SMAN 10 Mataram. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dan non-equivalent control group design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA di SMAN 10 Mataram dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data hasil belajar menggunakan soal pilihan ganda dan keterampilan proses sains menggunakan soal essay, kemudian dianalisis dengan analysis of covariance (anacova). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains serta terdapat perbedaan pengaruh media pembelajaran berbasis android pada tiap indikator keterampilan proses sains siswa kelas XI di SMAN 10 Mataram.

References

Agustina, P., & Saputra, A. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS). 3: 71-78. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/

Amirullah, G., & Susilo. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan. 2(1): 38-47. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/

Elisa, E., & Wiratmaja, I. (2019). Augmented reality: Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Mahasiswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. 11(2): 73–81. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i2.8124

Fidiantara, F., Jufri, A. W., & Hadiprayitno, G. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Terintegrasi Game Logika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(3): 1086–1097. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.741

Ikhsan, K. N., & Supian, H. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah EDUKASI. 6(1): 193-202. http://dx.doi.org/10.25157/je.v6i1.1682

Iqliya, J. N., & Rudy, K. (2020). Media Interaktif Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika. 9(2): 265-270. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n2.p%25p

Irawati, Khairun, N., & Abdul, K. J. (2023). Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Minat Belajar Muatan Pembelajaran PPKn Siswa. Journal of Classroom Action Research. 5(2): 290-296. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3465

Ismanto, E., Melly, N., & Pratama, B. H. (2017). Pemanfaatan Smartphone Android sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. JURNAL Untuk Mu NegeRI. 1(1): 42-47. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.33

Kamaruddin, R., & Thahir, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Terhadap Hasil Belahar Biologi Siswa SMA. Jurnal Riset dan Inovasi Belajar. 1(2): 24–35. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.26

Katari, O. A., Asrin, & Ida, E. (2023). Pengaruh Media Animasi terhadap Minat Belajar Tematik Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research. 5(1): 12-18. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2645

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan. 12(2): 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Matovani, D. S., Siti, I., & Baiq, N. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sole (Self Organized Learning Environment) Menggunakan Media Quiziz terhadap Pemahaman Konsep. Journal of Classroom Action Research. 4(4): 139-145. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2231

Mustaqim, I., & Nanang, K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro. 1(1). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/

Payadnya, I. P. A. A, & I Gusti, A, N, T, J. (2018) Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish. 131. Retrieved from http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1796

Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 11(2): 2009-2018. https://doi.org/10.15294/jipk.v11i2.10628

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu. 6(2): 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Salsabila, U. H., & Niar, A. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 3(1): 123-133. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika

Syazali, M., & Ilhamdi, M. L. (2022). Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Topik Keanekaragaman Hayati melalui Implementasi Laboratorium Alam dan Spada UNRAM. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA. 12(1): 19–26. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i1.174

Utomo, D. S., Arwani, I., & Wardhono, W. S. (2017). Implementasi Mobile Augmented Reality pada Aplikasi Pemilihan Sarana dan Prasarana Laboratorium Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 1(3): 224-235. Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas. 2(2): 71-83. Retrieved from http://timssandpirls.bc.edu/data-release-

License

Copyright (c) 2023 Lala Dwi Sasmitha, Gito Hadiprayitno, Mohammad Liwa Ilhamdi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).