Pengaruh Media Papan Magnet Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4625Published:
2023-07-12Issue:
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): MeiKeywords:
Media Pembelajaran, Papan Magnet, Hasil Belajar Matematika.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan magnet terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 1 Lendang Tampel tahun pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis quasi eksperimental design tipe non equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SDN 1 Lendang Tampel. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh dengan sampel sebanyak 21 peserta didik kelas II A sebagai kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas II B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar matematika berupa tes pilihan ganda (pre-test dan post-test). Data peneliti dianalisis dengan bantusn SPSS.25. Penguji hipotesis peneliti menggunakan perhitungan Uji Independent Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan thitung(5,890) > t tabel (2.023) dengan signifikasi 5% dan df =39, maka H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan media papan magnet terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 1 Lendang Tampel tahun pelajaran 2022/2023.
References
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak.Journal of Classroom Action Research,4(1), 49-53.
Hartinawanti, H., Kaif, S. H., & Imbo, A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa SD Negeri Topa.Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK),4(3), 1304-1310.
Hasan, R. O. (2016).Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Papapn Magnetik Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas VI SLB Karya Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 5(2). 115-124
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).
Mujiani, D. (2016). Pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 199-209.
Musaddat, S. (2013). Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas Tinggi. Mataram: FKIP Press.
Putri, N. A., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa. Journal of Classroom Action Research,3(2), 134-139.
Setiyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.
Siregar, S. (2014). Alih Bahasa Holipah Siti Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2018). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Susilana, R & Cepi, R. (2009). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Yudhi, M. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Wibawa, E. A. 2019. Penilaian Hasil Belajar Dengan Menggunakan Inatrumen Tes. Makalah disajikan pada Pelatihan Pengembangan Soal Akuntansi Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru MGMP Akuntansi Kabupaten Kulon Progo di SMKN 1 Pangasih, 3 Mei 2019.
License
Copyright (c) 2023 Lale Riskika Alfia Ningrum, Nurul Kemala Dewi, Lalu Hamdian Affandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).