Analisis Kesulitan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013
DOI:
10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4692Published:
2023-07-17Issue:
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): MeiKeywords:
Kesulitan menyusun RPP, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di SD N 4 Kuripan. Kesulitan tersebut terdiri atas kesulitan yang dihadapi guru, faktor penyebab, dan cara dalam mengatasi kendala yang diamali dalam menyusun RPP Kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif naratif. Penelitian ini dilakukan di SDN 4 Kuripan semester genap. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 1, guru kelas 2, guuu kelas 3, guru kelas 4, guru kelas 5, guru kelas 6 dan kepala sekolah SDN 4 Kuripan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Model Milles dan Huberman yang terdiri atas, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian : 1) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013: Guru Kesulitan dalam mengembangkan beberapa komponen RPP Kurikulum 2013, komponen tersebut adalah indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. 2) Faktor penyebab dari kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam menyusun RPP adalah: guru tidak pernah mengikuti pelatihan, guru tidak memiliki waktu untuk menyusun RPP, 3) cara yang digunakan guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi: menggunakan RPP yang sudah ada, menggunakan buku guru sebagai salah satu pedoman dalam menyusun RPP Kurikulum 2013, melakukan diskusi dengan guru yang pernah mengikuti pelatihan dan workshop
References
Dirman, J., Cicih. 2014. Pengambangan Kurikulum (Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Peserta didik). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dewi, N.K., Miftahul, J., Itsna, O. (2021). Analisis Daktor Kesulitan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 05 Ampenan. Primary Education Journal. Vol 2 No 1 Hal 42-50.
Elisa. 2017. Pengertian, peranan, dan fungsi kurikulum. Jurnal ilmiah 1(2):1-12.
Friani, I. F., Sulaiman, S., & Mislinawati, M. (2017). Kendala Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sd Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan guru Sekolah Dasar FKIP Unsiyah, 2(1), 88-97.
Herman, Z. (2015). Karakteristik kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jurnal idaroh, 1 (1) : 15-31.
Hazna, M. (2020). Hambatan Guru Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Di Mts Yapi Pakem. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia
Jaelani, A.K., Ayu, A., & Nyoman, K. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar. Vol 1 No 3 Hal 175-182.
Jaelani, A.K., Nisa, K., Hasanah, U. (2022). Analisis Kesesuaian Standar Isi Buku Teks Tematik Kelas III Tema 2 Seri Hots Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol 7 No 1 Hal 182-186.
Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Group.
Krisandi, Apri. 2018. Cerdas Menyusun RPP SD Kurikulum 2013 (Disertai Contoh Aplikatif). Yogyakarta : bakul buku indonesia.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa 2009. Menjadi Guru Professional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 20(1), 69–82.
Pemerintah Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republic Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Berita negara republik indonesia nomor 953. Jakarta : Direktorat Jendral Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia.
Pemerintah Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republic Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Berita negara republik indonesia nomor 954. Jakarta : Direktorat Jendral Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia.
Pemerintah Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republic Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Berita negara republik indonesia nomor 955. Jakarta : Direktorat Jendral Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia.
Pemerintah Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republic Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Berita negara republik indonesia nomor 956. Jakarta : Direktorat Jendral Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia.
Pemerintah Indonesia. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republic Indonesia Nomor 35 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013. Berita negara republik indonesia nomor 1690. Jakarta : Direktorat Jendral Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia.
Prastowo, Andi. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta : Prenada Media.
Pranata, A. H., & Dwijayanti, I. (2021) Analisis Kesulitan Penyusunan Instrumen Penilaian Bagi Guru Sekolah Dasar Di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Reban. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 61-74.
Rasyd, R.,Amran, M., Satriani, S., & Rosdiah, R.(2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Indikator Pembelajaran Kurikulum 2013 SDN 210 Bottopenno. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 180-199.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Perencanaan. Jakarta: Prenada Media Group.
Soekanto, Toeti. 2008. Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Padang : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi 1993.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Cv.Alfa Beta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Cv.Alfa Beta.
License
Copyright (c) 2023 Amelia Pitriana Haris, Nurul Kemala Dewi, Abdul Kadir Jaelani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).