Analisis Butir Soal Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4694Published:
2023-07-17Issue:
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): MeiKeywords:
Biologi, Butir Soal, RPPArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dan persentase kesesuaian butir soal buatan guru dengan indikator pada RPP Guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Lombok Tengah dan validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran, butir soal pada RPP Guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah RPP Biologi kelas X pada 6 sekolah Negeri di Kabupaten Lombok Tengah. Data diperoleh melelalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari analisis didapatkan bahwa, kesesuaian butir soal buatan guru dengan indikator pada RPP Guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Lombok Tengah yaitu, persentase kesesuaian butir soal (77,92%) Validitas soal (65%), tingkat kesukaran (76%), dan daya beda (61%). Simpulan dari penelitian ini adalah kesesuain butir soal buatan guru dengan indikator pada RPP guru biologi SMA di Kabupaten Lombok Tengah sangat sesuai.
References
Afandi, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: Unisla Press.
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam pendidikan.
Asrul, A., Rusydi & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembejaran. Bandung: Citapustaka Media.
Budiarti, R., Jufri, A.W., & Setiadi, D. (2018). Pengaruh Pembelajaran Disikoveri Terbimbing Dan Jurnal Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negri 1 Lingsar. Prosiding Seminar Nasional !Pendidikan Biologi 2 (8), 420.
Gunawan. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Harlina, S. H., & Sutrisno, B. (2015). Analisis Kesesuaian Soal Ulangan Akhir Semester Ips Terpadu Dengan Implementasi Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Haqiqi, L. Z., Ramdani, A., & Zulkifli, L. (2018). Analisis Kemampuan Pendidik dalam Menerapkan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X IPA SMA di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1).
Irmayani, I., Muhlis, M., & Raksun, A. (2018, June). Analisis Kompetensi Guru Biologi Sma Di Kota Mataram Dalam Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi Berbasis Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 410-413).
Putri, I. S. (2018). Analisis Kesesuaian Butir Soal Buatan Guru dengan RPP pada Materi Protista dan Keanekaragaman Hayati di SMAN 1 Trumon Tengah Aceh Selatan (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran IPA yang mendukung keterampilan abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.
Riduawan. (2003). Dasar Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Suciati, R., & Astuti, Y. (2016). Analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mahasiswa calon guru Biologi. Edusains, 8(2), 192-200.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, W., Zen, D., & Madang, K. (2015). Analisis kesesuaian langkah-langkah pembelajaran pada rencana pelaksanaan pembelajaran guru mata pelajaran biologi dengan pendekatan saintifik di SMA yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 83-95.
License
Copyright (c) 2023 Yusri Hayati, Agus Ramdani, Baiq Sri Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).