Scaffolding Berdasarkan Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Menggunakan Integral tak Tentu
DOI:
10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4695Published:
2023-07-17Issue:
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): MeiKeywords:
Scaffolding, Kesulitan, Dan Penyelesaian Masalah.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui scaffolding berdasarkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis menggunakan materi integral tak tentu kelas XI SMA. Kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika diakibatkan oleh kesulitan dalam memahami ide-ide yang menjadi material pembangun dari ide baru. untuk mereduksi kesulitan dengan teknik scaffolding, yang terdiri dari 5 langkah yakni: 1) menawarkan penjelasan (offering explanations), 2) meminta/merangsang partisipasi siswa (inviting student participation), 3) verifikasi dan klarifikasi pemahaman siswa (verifying and clarifying student understandings), 4) memodelkan perilaku yang diinginkan (modeling of desired behaviors), dan 5) meminta siswa untuk mengungkapkan petunjuk soal (inviting students to contribute clues). Reduksi kesulitan dengan scaffolding terhadap analisis tersebut diambil dari 6 orang siswa yang dianggap mewakili keseluruhan sampel, dan hasil scaffolding terhadap analisis kesulitan tersebut menyimpulkan bahwa scaffolding dapat membantu mereduksi kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematis, membantu siswa dalam membangun pemahaman dan memperoleh pemahaman yang cukup dan benar sesuai dengan kebutuhan siswa.
References
Amini, S., & Yunianta, T. (2018). Analisis Kesalahan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Dan Scaffolding-nya Bagi Kelas VII SMP. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 1–28.
Anghilery, J. (2006). Scaffolding Practices That Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9(1), 33-52.
Ariani, M. D., Baidowi., & Azmi, S. (2014). Penerapan Pembelajaran dengan Bantuan Bertahap (Scaffolding) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Trigonometri Kelas XB Semester II SMAN 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pijar MIPA, 9(2), 89-93.
Bikmaz, F. H., Çelebi, Ö., Ata, A., Özer, E., Soyak, Ö., & Reçber, H. (2010). Scaffolding Strategies Applied by Student Teachers to Teach Mathematics. Educational Research Association The International Journal of Research in Teacher Education The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1), 25–36.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016 : 151-160.
Chaerani, Z. (2015). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 39–49.
Doren, A. P. N., Sumadji., & Farida, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Penyelesaian Polya. Seminar Nasional FST 2019.
Febrianti, V., & Chotimah, S. (2016). Analisis Kesulitan Siswa pada Materi Statistika Kelas VII SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 559–566.
Gitatenia, I. D. A. I., Wiarta, I. W., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Tri Hita Karana dalam Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik Berpengaruh Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 3(2), 52.
J. Moelong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kurniasih, A. W. (2012). Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 113–124.
Kusmaryono, I., Ubaidah, N., & Rusdiantoro, A. (2020). Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran matematika. Unissula Press.
Lombasari, B. N., Subarinah, S., Azmi, S., & Kurniati, N. (2022). Analisis Kesulitan dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Matematika dan Bentuk Scaffolding yang Diberikan pada Siswa Kelas X SMA Al Ma’arif NU Sinah Pengembur Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 2007-2017.
NCTM. (2000). Principle and standars for scholl Mathematic, Reston, VA: National Teachers of Council of Mathematics Inc.
Nurhayati, E. (2017). Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemandirian belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 21–26.
Permatasari, D, A, B., Setiawan, B, T., & Kristiana, I, A. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil. Kadikma, 6(2), 119–130.
Puspitasari, T., A. (2015). Pengaruh scaffolding Konseptual dalam Model Pembelajaran Grup Investigasi Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Siswa. Prosiding. 30-31 Mei 2015. FKIP Uninersitas Jember, 1142- 1149.
Ratnasari. (2017). Berpikir Matematis (Matematika Untuk Semua). Procediamath, 8(1), 40–51.
Sudaryono. (2017). Metodologi Penenlitian. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
License
Copyright (c) 2023 Rizkia Pradani, Laila Hayati, Wahidaturrahmi, Baidowi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).