Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4696Published:
2023-07-17Issue:
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): MeiKeywords:
Problem Posing, Motivasi Belajar Peserta Didik, Hasil Belajar Peserta Didik.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pringgasela tahun ajaran 2022/2023 dengan menerapkan pendekatan problem posing di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 56 orang yang terdiri dari 28 peserta didik pada kelas VII A dan 28 peserta didik pada kelas VII B. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket motivasi belajar peserta didik dan soal tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis N-Gain dan uji hipotesis dengan menggunakan Paired Samples T Test dan uji ANOVA dengan langkah-langkah menentukan formulasi hipotesis, memntukan taraf nyata, menentukan kriteria pengujian, dan membuat kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan: 1) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik dimana motivasi belajar pada kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol tetap dengan nilai peningkatan sebesar 0,010 pada kelas kontrol tetap dan nilai peningkatan sebesar 0,33 pada kelas eksperimen; 2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dimana hasil belajar pada kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol tetap dengan nilai peningkatan sebesar 0,40 pada kelas kontrol tetap dan nilai peningkatan sebesar 0, 48 pada kelas eksperimen 3) terdapat pengaruh penerapan problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Pringgasela dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 atau > 0,05;
References
Agustina, I., & Astuti, D. (2016). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA peserta didik dengan model pembelajaran problem posing. 3(80), 39-44.
Alam, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Komik Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss2pp77-86
Amiluddin, R., Sugiman, S. (2016). Pengaruh Problem Posing Dan PBL Terhadap Prestasi Belajar, Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(1), Hal (100-108)
Astriyani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Possing. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.23-30
Dewi, Y.M., Sarjana, K., Junaidi. Azmi, S. (2021). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 412-420. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.77
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Erfin., Husniati., Khair. B. N., & Syazali, M. (2023). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik. Jurnal Of Classroom Action Research. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3338
Hidayah, A. A., & Pgri, U. I. (2013). Majalah Ilmiah Faktor Vol . 1 No . 1 Januari 2013 Penggunaan Metode Problem Posing Dalam Proses PEembelajaran Matematika Majalah Ilmiah Faktor. 1(1), 1–11.
Husnul, N. R. I. (2020). Penerapan Metode Problem Posing Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mate,atika Ekonomi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Malang. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15–27. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i1.2961
Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016) Pengemabangan Media Komik Ipa Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280
Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83–94. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781
Mulyadin, E. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compotision) Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Pada Materi Perbandingan Siswa SMP. 4(1),40–51. https://doi.org/10.33627/sm.v4i1.461
Prayogi, G. E., Sripatmi, Turmuzi, M., Hapipi. (2021). Kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021 dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan ditinjau dari prestasi belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 481-489. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.73
Rahmayanti, B., F., Muntari., Andayani, Y. (2023). Validasi E-Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Of Classroom Action Research. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4614
Restuningsih, & Khabibah, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Soal Cerita Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Cartesian, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i1.2078
Santoso, B., Budiyono, & Subanti, S. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Jigsaw Dengan Pendekatan Matematika Realistik Ditinjau Dari Kecemasan Menghadapi Tes Siswa Kelas VII SMP Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 88-98.
Sari, Z., Ramly, & Hindariyatiningsih, N. (2022). Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntasi Siswa Kelas X SMKN1 Raha. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(3). https://doi.org/10.36709/jpa.v2i3.29
Setiawan, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Segitiga Bongkar Pasang dengan Strategi STAD. Jurnal Of Classroom Action Research. https://doi.org/10.29303/jcar.v3i1.629
Sholiha, T. A., Kurniati, N., Tyaningsih, R. Y., Prayitno, S. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning (SRL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Masbagik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3),1355-1362. https://doi: 10.29303/jipp.v7i3.745
Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika. Klaten : CV. Mine.
Tyaningsih, R. Y., Hayati, L., Sarjana, K., Sridana, N., Prayitno, S. 2022). Penerapan metode gamifikasi dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik bidang melalui aplikasi Kahoot. Jurnal Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 317-326.
Yuliana,Hayati, L., Turmuzi, M., Hikmah, N. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika sosial berdasarkan tahapan newman pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 mataram Tahun Pelajaran. Jurnal Griya Journal of Mathematics Education and Application,2(3). https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.223
License
Copyright (c) 2023 Hafizotul Wahyi, Muhammad Turmuzi, Ratna Yulis Tyaningsih, Syahrul Azmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).