Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Design Thinking Terhadap Kemampuan Literasi Biologi Peserta Didik

Authors

Hadyatul Muizzatissalmi , Dadi Setiadi , Lalu Japa , Sri Handayani

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4700

Published:

2023-08-24

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

PBL, Design Thinking, Literasi Biologi

Articles

Downloads

How to Cite

Muizzatissalmi, H., Setiadi, D., Japa, L., & Handayani, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Design Thinking Terhadap Kemampuan Literasi Biologi Peserta Didik . Journal of Classroom Action Research, 5(3), 247–251. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4700

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terintegrasi design thinking terhadap kemampuan literasi biologi peserta didik kelas X di SMAN 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasy Experimen dan desain penelitian Non-equivalent Control Group. Teknik pengambilan sample yaitu purposive sampling sehingga diperoleh kelas X9 dan X11 sebagai kelas eksperimen dan kelas X10 dan X12 sebagai kelas kontrol dengan total sample 83 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi biologi adalah tes tulis berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian ini terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji Kruskal-wallis. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, menunjukkan adanya pengaruh model PBL terintegrasi design thinking terhadap kemampuan literasi biologi peserta didik kelas X di SMAN 2 Mataram. Hasil yang didapatkan dari uji hipotesis Fhitung > Ftabel atau 88,269 > 79,875 yang dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

References

Abua, F., Mege, R.A. dan Paat, M., (2022). Analisis Kemampuan Literasi Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Remboken Ditinjau Dari Penggunaan Soal soal Biologi Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). JSPB BIOEDUSAINS, 3(1), 42-48.

Anugrah, I., Tuah, S., Ginting, N., Biologi, P., Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Dengan Berbantuan Media PPT di SMA Negeri 1 Panyabungan Utara. Jurnal, Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 107-114.

Hariadi, H., Budi J., Dewiyani S., Binar K. Prahani., & Tri S. (2018). Scientific Hybrid Learning. Surabaya: STIKOM.

Jamaluddin., Jufri, A. W., Ramdhani, A., Azizah, A. (2019). Profil Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 5(1), 120-130.

Jufri, A. W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099.

Ling, L. S., & Yasin, R. M. (2022). Persepsi Guru Luar Bandar Terhadap Penerapan Design Thinking Dalam Pendidikan STEM. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 487-500.

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Rachim, F. (2021). Design Thinking Daulat Belajar. Samarinda: HIPPER Indonesia.

Ramadhani, M. W., Karma, I. N., & Johan Mahyudi. (2023). Hubungan Literasi DIni Dengan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5 (3), 61-65.

Saputro, V. C. E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Biologi Peserta Didik Madrasah Aliyah Jabal Noer Sidoarjo. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 21–34.

Setyosari, Punaji. (2014) Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20-30.

Simanjuntak, M. P., Bukit, N., Sagala, Y. D. A., Putri, R. K., Utami, Z. L., dan Motlan. (2019). Desain Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap 4C. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 7(3), 38-46.

Sutrisna, Nana. (2021). Analisis kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. JIP, 1(12), 2683-2694.

Syamsidah, S & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: Deepublish.

License

Copyright (c) 2023 Hadyatul Muizzatissalmi, Dadi Setiadi, Lalu Japa, Sri Handayani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).