Praktikum IPA Mini Project Alamiah Sebagai Alternatif Meningkatkan Sikap Ilmiah Dalam perspektif Filsafat

Authors

Bakhtiar Ardiansyah , Agus Ramdani , Aliefman Hakim , Muh. Makhrus , Joni Rokhmat , AA Sukarso

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4746

Published:

2023-08-09

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Articles

Downloads

How to Cite

Ardiansyah, B. ., Ramdani, A. ., Hakim, A. ., Makhrus, M. ., Rokhmat, J. ., & AA Sukarso. (2023). Praktikum IPA Mini Project Alamiah Sebagai Alternatif Meningkatkan Sikap Ilmiah Dalam perspektif Filsafat. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 131–138. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4746

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara filsafat terkait Model Praktikum IPA Mini Project Alamiah (MPA) yang diharapkan dapat mendukung pendidikan masa depan khususnya sikap ilmiah. Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode kajian artikel ini melalui analisis dan sintesis artikel yang berasal dari artikel jurnal bereputasi scopus dan sinta. Artikel tersebut diperoleh dengan mencari artikel dengan aplikasi publish or perish dengan kata kunci Praktikum IPA, mini project dan sikap ilmiah. Hasil Penelitian berupa deskripsi secara filsafat ontologi diperoleh gambaran terkait hakekat dari model praktikum IPA MPA. Secara Filsafat epistimologi diperoleh gambaran terkait sintaks model praktikum IPA MPA dan bagaimana pelaksanaannya dalam pembelajaran IPA. Secara filsafat aksiologi diperoleh gambaran terkait nilai-nilai universal yang diperoleh dari keberadaan model praktikum IPA MPA khususnya mengarah kepada sikap ilmiah.

References

Amar.A, (2018). Hakekat Ilmu dan Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Filsafat (Suatu Kajian Ontologis, Epistimologis Dan Aksiologis). CENDEKIA Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam, 10(1), pp. 103-114.

Aprilia.DA, Zuliani.R, Rini.CP & Unaenah.E, (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Pondok Pucung 01 Kota Tanggerang Selatan. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), pp. 52-61.

Ardiansyah.B, Sarjan.M & Hakim.A, (2022). Mini Education Park School (MES) in a Multidimensional Philosophy of Education Perspective. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), pp. 40-49.

Ardiansyah.B, Sarjan.M & Hakim.A, (2022). Mini Education Park School (MES) in a Multidimensional Philosophy of Education Perspective. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), pp. 40-49.

Arifah.I, Maftukhin.A & Fatmaryanti.SD, (2014). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Mengoptimalkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Radiasi, 5(1), pp. 24-28.

Bahrum, (2013). Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi. Sulesana ï€ , 8(2), pp. 35-45.

Candra.R & Hidayati.D, (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), pp. 26-37.

Chang, H. P., Chen, C. C., Guo, G. J., Cheng, Y. J., Lin, C. Y., & Jen, T. H. (2011). The development of a competence scale for learning science: Inquiry and communication. International Journal of Science and Mathematics Education, 9, 1213-1233.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Dewi, V. P., Doyan, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh model penemuan terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari sikap ilmiah pada pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1).

Elseria, E. (2016). Efektifitas pengelolaan Laboratorium IPA. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(1).

Hakim, A., Liliasari, Kadarohman, A., & Syah, Y. M. (2016). Making a natural product chemistry course meaningful with a mini project laboratory. Journal of Chemical Education, 93(1), 193-196.

Harianja.W & Anwar.M, 2021. Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis HOTS dengan Mini Project Design pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), pp. 218-225.

Hayat.MS, Anggraeni.S & Redjeki.S, 2021. Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Bioma, 2(2), pp. 141-152.

Hendracipta.N, 2016. Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar , 2(1), pp. 109-116.

Kamariah, Muhlis & Ramdani.A, 2023. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), pp. 210-215.

Maknun.D, Surtikanti.RRHK. & Subahar.TS, 2012. Pemetaan Keterampilan Esesnsial Laboratorium Dalam Kegiatan Praktikum Ekologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), pp. 1-7.

Maretasari.E, Subali.B & Hartono, 2012. Penerapan Model Pembelajaran InkuiriBerbasis Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal, 1(2), pp. 27-31.

Maslihak, Nuriman & Sugiarti.T, 2022. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Karakter Tema Panas dan Perpindahanya untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(1), pp. 122-132.

Nursamsu, Mustika.D, Nafaida.R & Manurung.N, 2020. Analisis Kelayakan Dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains Untuk Pembelajaran IPA. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 4(1), pp. 29-40.

Rosilawati.R, 2012. Evaluasi Pengelolaan Laboratorium IPA Di SMA Negeri Se Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 3(2), pp. 118-130.

Amar.A, 2018. Hakekat Ilmu dan Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Filsafat (Suatu Kajian Ontologis, Epistimologis Dan Aksiologis). CENDEKIA Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam, 10(1), pp. 103-114.

Aprilia.DA, Zuliani.R, Rini.CP & Unaenah.E, 2020. Pengembangan LKS Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Pondok Pucung 01 Kota Tanggerang Selatan. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1), pp. 52-61.

Ardiansyah.B, Sarjan.M & Hakim.A, 2022. Mini Education Park School (MES) in a Multidimensional Philosophy of Education Perspective. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), pp. 40-49.

Ardiansyah.B, Sarjan.M & Hakim.A, 2022. Mini Education Park School (MES) in a Multidimensional Philosophy of Education Perspective. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 5(2), pp. 40-49.

Arifah.I, Maftukhin.A & Fatmaryanti.SD, 2014. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Mengoptimalkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Radiasi, 5(1), pp. 24-28.

Bahrum, 2013. Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi. Sulesana ï€ , 8(2), pp. 35-45.

Candra.R & Hidayati.D, 2020. Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), pp. 26-37.

Chang.HP, et al., 2011. The Development Of A Competence Scale For Learning Science: Inquiry And Communication. International Journal of Science and Mathematics Education, Volume 9, pp. 1213-1233.

Dewi.NL., Dantes.N & Sadia.IW, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, Volume 3.

Dewi.VP, Doyan.A & Soeprianto.H, 2017. Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), pp. 60-67.

Elseria, 2016. Efektifitas Pengelolaan Laboratorium IPA. Manajer Pendidikan, 10(1), pp. 109-121.

Hakim.A, Liliasari, Kadarohman.A & Syah.YM, 2016. Making a Natural Product Chemistry Course Meaningful with a Mini. Journal Of Chemical Education, Volume 9, pp. 193-196.

Harianja.W & Anwar.M, 2021. Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis HOTS dengan Mini Project Design pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), pp. 218-225.

Hayat.MS, Anggraeni.S & Redjeki.S, 2021. Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Bioma, 2(2), pp. 141-152.

Hendracipta.N, 2016. Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar , 2(1), pp. 109-116.

Kamariah, Muhlis & Ramdani.A, 2023. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), pp. 210-215.

Maknun.D, Surtikanti.RRHK. & Subahar.TS, 2012. Pemetaan Keterampilan Esesnsial Laboratorium Dalam Kegiatan Praktikum Ekologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), pp. 1-7.

Maretasari.E, Subali.B & Hartono, 2012. Penerapan Model Pembelajaran InkuiriBerbasis Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal, 1(2), pp. 27-31.

Maslihak, Nuriman & Sugiarti.T, 2022. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Karakter Tema Panas dan Perpindahanya untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(1), pp. 122-132.

Nursamsu, Mustika.D, Nafaida.R & Manurung.N, 2020. Analisis Kelayakan Dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains Untuk Pembelajaran IPA. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 4(1), pp. 29-40.

Rosilawati.R, 2012. Evaluasi Pengelolaan Laboratorium IPA Di SMA Negeri Se Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 3(2), pp. 118-130.

Simatupang.H, et al., 2020. The Effectiveness of Stem-Oriented Project and MiniResearch Teaching Materials in Improving Student Learning Outcomes at SMP 37 Medan. Medan, AISTSSE;Journal of Physics: Conference Series;IOP Publishing.

Siwi.DA, Sar.NK & Prasetya.K, 2016. Desain Model Praktikum IPA Berbasis JAS (Jelajah Alam Sekitar) Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bendosari. Premiere Educandum, pp. 180-188.

Sriadhi.S, Hamid.A & Restu.R, 2022. Web-Based Virtual Laboratory Development for Basic Practicums in Science and Technology. TEM Journal, 11(1), pp. 396-402.

Subamia, Wahyuni.S & Widiasih, 2015. Pengembangan Perangkat Praktikum Berorientasi Lingkungan Penunjang Pembelajaran IPA SMP Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), pp. 684-696.

Sudarisman.S, 2015. Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1), pp. 29-35.

Trisusilosakt.Ai & Aisyah.ASS, 2020. Kegiatan Laboratorium Kimia Berbasis Mini-Project Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Praktikum Uji Ald. Jambura Journal of Educational Chemistry, 2(1), pp. 1-9.

Widayanti, Yuberti, Irwandani & Hamid.A, 2018. Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Percobaan Melde Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education, 6(1), pp. 24-31.

Widyaningrum.DA & Wijayanti.T, 2019. Implementasi buku petunjuk praktikum biokimia berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 4(2), pp. 58-67.

Widyawati.S, 2013. Filsafat Ilmu Sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan. Gelar Jurnal seni budaya, 11(1), pp. 87-96.

Winarti.T & Nurhayati.S, 2014. Pembelajaran Praktikum Berorientasi Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), pp. 1409-1420.

Yahya.R, Ummah.SK & Effendi.MM, 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini-Project. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), pp. 78-91.

License

Copyright (c) 2023 Bakhtiar Ardiansyah, Agus Ramdani, Aliefman Hakim, Muh. Makhrus, Joni Rokhmat, AA Sukarso

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).