Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023
Open Access
Peer Reviewed

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Authors

Syarif Hikmatulloh , Sri Subarinah , Dwi Novitasari , Nyoman Sridana

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4748

Published:

2023-08-07

Downloads

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Batulayar yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan pedoman wawancara. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, diperoleh 6 orang siswa dengan gaya belajar visual, 13 orang siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 10 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Masing-masing gaya belajar diambil 2 orang siswa untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis 56.25 dengan kategori kreatif, dengan memenuhi indikator kefasihan dan fleksibel, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya belajar auditorial memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis 53.40 dengan kategori cukup kreatif, dengan indikator kefasihan belum tercapai secara keseluruhan dan memenuhi indikator fleksibel, dan (3) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis 17.50 dengan kategori kurang kreatif, secara keseluruhan mencapai indikator kefasihan sedangkan untuk indikator fleksibel dan kebaruan belum tercapai.

Keywords:

Kemampuan berpikir kreatif, gaya belajar, kefasihan, fleksibel, kebaruan.

References

Ahmadi, Johan, A., Kurniasari, I.. (2013). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Dan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1- 6.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Dua (2nd ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Busnawir. (2018). Pengukuran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Fitrah, N., Ermiana, I., Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal Of Classroom Action Research, 4(2), 105-111. 10.29303/jcar.v4i1.1707

Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Dimensi Tiga Kelas X. Jurnal EduMa, 6(1), 83-95. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1711

Lathifah, M., Rokhmat, J., Kosim. (2023). Pengembangan E-Modul Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Journal Of Classroom Action Research, 5, 326-331. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4693

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Missouri Mathematics Project. Jurnal Formatif, 5(1), 14-25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166

Muthaharah, Y. A. dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1), 63-75.

Nabilah, Amrullah, Lu’luilmaknum, U., Sripatmi. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal Of Classroom Action Research, 5(1), 185-191. 10.29303/jcar.v5i1.2643

Rose, C. & Nicholl, M.J. (2022). Accelerated Learning for The 21st Century (alih bahasa oleh Dedi Ahimsa). Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Siswono, T. Y. E, dkk. (2022). Integrasi teknologi dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Author Biography

Syarif Hikmatulloh, Universitas Mataram

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Hikmatulloh, S., Subarinah, S. ., Novitasari, D., & Sridana, N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 9–16. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4748