Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v5i3.4748Published:
2023-08-07Issue:
Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023Keywords:
Kemampuan berpikir kreatif, gaya belajar, kefasihan, fleksibel, kebaruan.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Batulayar yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan pedoman wawancara. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, diperoleh 6 orang siswa dengan gaya belajar visual, 13 orang siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 10 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Masing-masing gaya belajar diambil 2 orang siswa untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis 56.25 dengan kategori kreatif, dengan memenuhi indikator kefasihan dan fleksibel, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya belajar auditorial memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis 53.40 dengan kategori cukup kreatif, dengan indikator kefasihan belum tercapai secara keseluruhan dan memenuhi indikator fleksibel, dan (3) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik memperoleh rata-rata nilai pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis 17.50 dengan kategori kurang kreatif, secara keseluruhan mencapai indikator kefasihan sedangkan untuk indikator fleksibel dan kebaruan belum tercapai.
References
Ahmadi, Johan, A., Kurniasari, I.. (2013). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Dan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1- 6.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Dua (2nd ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Busnawir. (2018). Pengukuran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Fitrah, N., Ermiana, I., Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal Of Classroom Action Research, 4(2), 105-111. 10.29303/jcar.v4i1.1707
Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Dimensi Tiga Kelas X. Jurnal EduMa, 6(1), 83-95. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1711
Lathifah, M., Rokhmat, J., Kosim. (2023). Pengembangan E-Modul Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Journal Of Classroom Action Research, 5, 326-331. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4693
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Missouri Mathematics Project. Jurnal Formatif, 5(1), 14-25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166
Muthaharah, Y. A. dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1), 63-75.
Nabilah, Amrullah, Lu’luilmaknum, U., Sripatmi. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal Of Classroom Action Research, 5(1), 185-191. 10.29303/jcar.v5i1.2643
Rose, C. & Nicholl, M.J. (2022). Accelerated Learning for The 21st Century (alih bahasa oleh Dedi Ahimsa). Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.
Siswono, T. Y. E, dkk. (2022). Integrasi teknologi dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Author Biography
Syarif Hikmatulloh, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Syarif Hikmatulloh, Sri Subarinah, Dwi Novitasari, Nyoman Sridana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).