Analisis Kesalahan Menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Statistika Ditinjau dari Jenis Kelamin
DOI:
10.29303/jcar.v5i3.4749Published:
2023-08-07Issue:
Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023Keywords:
Teori Newman, Jenis Kelamin, Soal Cerita.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa menurut Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi statistika ditinjau dari jenis kelamin pada siswa SMKN 2 Mataram. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X RPL SMKN 2 Mataram. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) hanya siswa laki-laki yang melakukan kesalahan membaca, siswa tidak membacakan soal secara lengkap, (2) siswa laki-laki dan siswa perempuan melakukan kesalahan memahami dengan tingkat kesalahan yang sama, penyebabnya sama yaitu tidak lengkap menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, (3) siswa perempuan melakukan kesalahan tranformasi dengan persentase lebih tinggi daripada siswa laki-laki, siswa tidak lengkap dalam menuliskan rumus, (4) siswa perempuan melakukan kesalahan keterampilan proses dengan persentase lebih tinggi, penyebabnya dikarenakan siswa tidak menuliskan proses perhitungan (5) siswa perempuan melakukan kesalahan penulisan jawaban dengan persentase lebih tinggi.
References
Ahmad, F., Turmuzi, M., Junaidi, & Baidowi. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal of Classroom Action Research, 5(1), 127–136. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2799
Amelia, M., Sariningsih, R., dan Hidayat, W. (2020). Analisis Persepsi Kesalahan Siswa SMP pada Soal Materi Statistika Ditinjau dari Perbedaan Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 3(5), 475-484.
Angela, F., & Kartini (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Peluang Empirik dan Teoretik pada Siswa Kelas VIII SMP di kabupaten Siak. Jurnal Pendidikan & Matematika, 10(1), 15–25.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmaliyah, F., Sripatmi, Salsabila, N. H., & Arjudin. (2023). Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal of Classroom Action Research, 3(2), 48–58. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2937
Astuty, K. Y., & Wijayanti, P. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. Mathedunesa, 2(3).
Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal for Research in Mathematics Learning, 1(1), 71–78.
http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912
Firdaus, E. F., Amalia, S. R., & Zumeira, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 542–558.
Herawati, R., & Marfuah, I. (2021). Menjawab Soal Matematika: Jenis Kesalahan yang dilakukan Siswa Penyebab dan Solusi. Jepara: UNISNU Press.
Hotimah, H., Amrullah, Tyaningsih, R. Y., & Sridana, N. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal of Classroom Action Research, 4(4) 123–130. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2272
Islamiyah, A. C., Prayitno, S., dan Amrullah. (2019). Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 66–76.
https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035
Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in assam (india): an analysis using newman procedure. International Journal Of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(I), 17–21.
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713-726.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795
Ningrum, R. K., & Rosidi, A. H. (2013). Profil Penalaran Analogi Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Perbedaan Gender. MATHEdunesa, 2(3).
Pramesti, T., Sukamto, & Wardshana, M. Y. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan pada Kelas IV SD Negeri Manyaran 02 Semarang. Elementary School, (special), 26–36.
https://doi.org/10.31316/esjural.v1i1.1108
Priyanto, A., Suharto., & Trapsilasiwi, D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Mathematics Education, 1(1), 1–5.
Savitri, D. A. & Yuliani, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Trigonometri Ditinjau dari Gender Berdasarkan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 463–464. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.463-464
Siregar, D. P. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di SMP Muhammadiyah 02 Medan. Skripsi, FKIP Universitas Muhammdaiyah Sumatera Utara.
Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi (3 ed.). Bandung: PT. Alfabet.
Sulaiman, A., Subarinah, S., Kurniati, N., & Soepriyanto, H. (2023). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar pada Siswa Kelas VII SMPN 8 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1) 312–322.
Author Biography
Lalu Satria Wijaya, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Lalu Satria Wijaya, Sri Subarinah, Amrullah, Laila Hayatii
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).