Pengaruh Metode Kamishibai Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa

Authors

Ria Afriani , I Nyoman Karma , Baiq Niswatul Khair , Baiq Niswatul Khair

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4780

Published:

2023-08-10

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Bercerita, Metode, Kamishibai

Articles

Downloads

How to Cite

Afriani, R., Karma, I. N. ., Khair, B. N., & Khair, B. N. (2023). Pengaruh Metode Kamishibai Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(3), 49–54. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4780

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kegiatan belajar mengajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya yakni
metode pembelajaran. Metode pembelajaran adalah serangkain langkah-langkah ataupun
prosedur proses pembelajaran dan cara penilaian yang akan dilaksanakan. Salah satu motode
pembelajaran yang efektif adalah Kamishibai. Kamishibai adalah teknik bercerita dengan
menggunakan gambar dan mendongeng. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh penggunaan metode kamishibai terhadap kemampuan bercerita siswa. Metode
penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
rancangan eksperiman. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah quasi exsperimen design,
dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes
akhir tunggal). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes
unjuk kerja (performance) dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik analisis data
kuantitatif yang dianalisis menggunakan statistic berupa uji prasyarat (uji normalitas, uji
homogenitas, uji hipotesis dan uji pengaruh effect size) Hasil perhitungan memperoleh nilai sig.
sebesar 0,013 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka ada perbedaan yang signifikan
penggunaan metode kamishibai terhadap kemampuan bercerita siswa. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode kamishibai terhadap kemampuan bercerita siswa
kelas V SDN 34 Mataram

References

Agustina, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 78-90.

Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia. Deepublish.

Anggara, D. S., & Abdillah, C. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 492-503.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Astutik, Y. P., & Mulyana, R. (2021, April). Developing Kamishibai (Japanese Card-Story) media in teaching speaking. In English Language and Literature International Conference (ELLiC) Proceedings (Vol. 4, pp. 136-148).

Arifa, T. R. (2019). PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM KETERAMPILAN MENULIS CERITA DIMADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ILMI BANJARBARU. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 225-234.

Hernawan, A. H., Septiana, A. I., Rachman, I., Darmawan, D., & Kodama, Y. (2022). Environmental Education in Elementary School with Kamiholo: Kamishibai and Hologram as Teaching Multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(2).

Lilia, M., Marie, S., Valerie, H. B., Bruno, D., Patrick, G., & Serge, K. (2012). DTI and structural MRI classification in Alzheimer’s disease. Advances in molecular imaging, 2012.

Márques Ibañez, A. (2017). Kamishibai: An intangible cultural heritage of Japanese culture and its application in Infant Education. KÉPZÉS ÉS GYAKORLAT: TRAINING AND PRACTICE, 15(1-2), 25-44.

Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Basastra, 1(2), 318-327.

Putra, N. A. (2011). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4).

Latae, A., Barasandji, S., & Muhsin, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4).

LESTARI, D. (2019). Sarwono, 2002, Psikologi Sosial Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial, Jakarta: Balai Pustaka Skandarrumidi, 2012, Metodelogi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: CV. Alfabeta, Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV. Alfabetaah, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Tim Penyusun IAIN Jember, 2017, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Jember ... (Doctoral dissertation, IAIN Jember).

Gustuti, N., Astuti, M., & Cindrya, E. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Kelompok B di PAUD Mandiri Desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 626-632.Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta.

Widiandari, A., Patria, M., Hastuti, N., & Fadil, Z. A. (2017). Pengenalan Kamishibai: Metode Story Telling Ala Jepang. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 27-31.

Author Biography

Ria Afriani, Mahasiswa

License

Copyright (c) 2023 Ria Afriani, I Nyoman Karma, Baiq Niswatul Khair, Baiq Niswatul Khair

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).