Kreativitas Guru di Abad 21 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa

Authors

Safira Putri Insani , Darmiany Darmiany , Iva Nurmawanti , A. Hari Witono

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4796

Published:

2023-08-09

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Kreativitas, guru abad 21, kejenuhan belajar.

Articles

Downloads

How to Cite

Insani, S. P., Darmiany, D., Nurmawanti, I. ., & Witono, A. H. . (2023). Kreativitas Guru di Abad 21 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 66–72. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4796

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru abad 21 dalam mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa kelas IV SDN Seminar Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Seminar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa yang mengalami kejenuhan belajar yang ditandai dengan timbulnya gejala kelelahan emosi, kelelahan fisik, kelelahan kognitif dan kehilangan motivasi. Gejala tersebut dicirikan dengan timbulnya rasa jenuh, bosan, perubahan suasana hati, kesulitan mengelola emosi, pusing, konsentrasi menurun dan lainnya. Namun, hal ini dapat diatasi oleh guru abad 21. Berkat kreativitas yang dimiliki dapat merancang kegiatan pembelajaran yang mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas.

References

Agustina, P., Syaiful, B., Abu. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar Pada Siswa dan Usaha Guru BK untuk Mengatasinya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 4(1), 96-102. Received from https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/7153/4834

Aminuriyah, S., Suyitno., Murfiah, D.W., Darsinah. (2022). Upaya Guru Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Full Day School di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Jurnal Humaniora. 9(3), 167-173.

Anugrah, M. S. W. (2022). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 139-147.

Ardiyanti, Farida., Winarti. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sains dan Teknologi. (IX)2, 27-33.

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. (12)2, 117-134.

Effendi, Darwin., Achmad, Wahidy. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju pembelajaran Abad 21. Received from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/2977/2799

Faizin, Moh. Bintana, C. K., Alnaria, M. I. S., Ahya, H. P. W. (2023). Peserta Didik Abad 21 Perspektif Imam Al-Ghazali dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan islam. 4(1), 8-19. Received from https://jurnal-tarbiyah.iainsorong.ac.id/index.php/alfikr/article/view/309/91

Hery, Kristanto. (2017). Pengaruh Kejenuhan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah. 2, 312-320. Received from http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/warta/article/view/562#

Moleong, L. J. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 23(2), 151-162.

Muhammad, Ramadhan. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Pin, Dwi Hantoro. (2021). Peningkatan Keberanian Siswa Mengemukakan Pendapat melalui Pemberian Penghargaan pada Waktu Diskusi Kelas di SMK Negeri 1 Balikpapan. (1)2, 48-52. Journal of Education and Religious Studies. Received from https://scholar.archive.org/work/yu7mtogswffnngskttexcdwsju/access/wayback/https://journal.academiapublication.com/index.php/jers/article/downl oad/20/21

Rahayu, Restu., Sofyan, Iskandar., Yunus, Abidin. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu. 6(2), 2099-2104.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Rizki, A. A., & Makki, M. (2023). Keterampilan Bertanya Guru Pada Pembelajaran Tematik Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 216-224.

Ummi, W. T., Dian, N. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. 7(1), 200-217. Received from https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wiwin, Herwina. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan. (35)2, 172-182. Received from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/22057/11386

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Zaqi, Ahmad Zamani., Heru Nurcahyo. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Konputer untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. (4)2, 90-100. Received from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/12937/pdf

Author Biography

Safira Putri Insani, Mahasiswa

License

Copyright (c) 2023 Safira Putri Insani, Darmiany Darmiany, Iva Nurmawanti, A. Hari Witono

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).