Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023
Open Access
Peer Reviewed

Kreativitas Guru di Abad 21 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa

Authors

Safira Putri Insani , Darmiany Darmiany , Iva Nurmawanti , A. Hari Witono

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4796

Published:

2023-08-09

Downloads

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru abad 21 dalam mengatasi kejenuhan belajar matematika siswa kelas IV SDN Seminar Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Seminar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa siswa yang mengalami kejenuhan belajar yang ditandai dengan timbulnya gejala kelelahan emosi, kelelahan fisik, kelelahan kognitif dan kehilangan motivasi. Gejala tersebut dicirikan dengan timbulnya rasa jenuh, bosan, perubahan suasana hati, kesulitan mengelola emosi, pusing, konsentrasi menurun dan lainnya. Namun, hal ini dapat diatasi oleh guru abad 21. Berkat kreativitas yang dimiliki dapat merancang kegiatan pembelajaran yang mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas.

Keywords:

Kreativitas, guru abad 21, kejenuhan belajar.

References

Agustina, P., Syaiful, B., Abu. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar Pada Siswa dan Usaha Guru BK untuk Mengatasinya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 4(1), 96-102. Received from https://jim.usk.ac.id/pbk/article/view/7153/4834

Aminuriyah, S., Suyitno., Murfiah, D.W., Darsinah. (2022). Upaya Guru Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Full Day School di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Jurnal Humaniora. 9(3), 167-173.

Anugrah, M. S. W. (2022). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 139-147.

Ardiyanti, Farida., Winarti. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sains dan Teknologi. (IX)2, 27-33.

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. (12)2, 117-134.

Effendi, Darwin., Achmad, Wahidy. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju pembelajaran Abad 21. Received from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/2977/2799

Faizin, Moh. Bintana, C. K., Alnaria, M. I. S., Ahya, H. P. W. (2023). Peserta Didik Abad 21 Perspektif Imam Al-Ghazali dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan islam. 4(1), 8-19. Received from https://jurnal-tarbiyah.iainsorong.ac.id/index.php/alfikr/article/view/309/91

Hery, Kristanto. (2017). Pengaruh Kejenuhan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah. 2, 312-320. Received from http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/warta/article/view/562#

Moleong, L. J. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 23(2), 151-162.

Muhammad, Ramadhan. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Pin, Dwi Hantoro. (2021). Peningkatan Keberanian Siswa Mengemukakan Pendapat melalui Pemberian Penghargaan pada Waktu Diskusi Kelas di SMK Negeri 1 Balikpapan. (1)2, 48-52. Journal of Education and Religious Studies. Received from https://scholar.archive.org/work/yu7mtogswffnngskttexcdwsju/access/wayback/https://journal.academiapublication.com/index.php/jers/article/downl oad/20/21

Rahayu, Restu., Sofyan, Iskandar., Yunus, Abidin. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu. 6(2), 2099-2104.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Rizki, A. A., & Makki, M. (2023). Keterampilan Bertanya Guru Pada Pembelajaran Tematik Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 216-224.

Ummi, W. T., Dian, N. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. 7(1), 200-217. Received from https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wiwin, Herwina. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan. (35)2, 172-182. Received from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/22057/11386

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Zaqi, Ahmad Zamani., Heru Nurcahyo. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Konputer untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. (4)2, 90-100. Received from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/12937/pdf

Author Biography

Safira Putri Insani, Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Insani, S. P., Darmiany, D., Nurmawanti, I. ., & Witono, A. H. . (2023). Kreativitas Guru di Abad 21 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 66–72. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4796