Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis

Authors

Khairun Nisa , Nyoman Sridana , Nilza Humaira Salsabila , Laila Hayati

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4884

Published:

2023-08-07

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Awal Matemmatis, Aritmatika Sosial

Articles

Downloads

How to Cite

Nisa, K., Sridana, N., Salsabila, N. H., & Hayati, L. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis . Journal of Classroom Action Research, 5(3), 17–24. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4884

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan pemeccahan masalah menjadi jantung dari tujuan pembelajaran matematika. Pentingnya kemampuan pemecahan masalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kemampuan awal matematis menjadi salah satu faktor kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 7 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024 ditinjau dari kemampuan awal matematis. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.  Subjek penelitian yang digunakan yaitu 6 orang siswa terpilih mewakili setiap kategori kemampuan awal matematis. Metode pengumpulan data berdasarkan dua tes dan wawancara yakni tes kemampuan awal matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah. Data hasil tes dan wawancara dianalisis untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan awal matematis tinggi, kemampuan awal matematis sedang, dan kemampuan matematis rendah. Siswa dengan kemampuan awal matematis tinggi memenuhi semua indikator pada setiap tahap pemecahan masalah dengan tepat. Siswa dengan kemampuan awal matematis sedang masih belum memenuhi indikator pada tahap menyusun rencana dengan tepat. Siswa dengan kemampuan awal matematis rendah masih belum bisa memenuhi indikator semua tahap pemecahan masalah dengan tepat.

References

Agustina, T. R., Subarinah, S., Hikmah, N., Amrullah. (2021). Kemampuan pemecahan masalah pada soal open ended materi lingkaran berdasarkan kemampuan awal matematika siswa. Griya Journal Of Mathematics Education and Application, 1(3), 433-441.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fauziah, A. H., Setyowati, A. P., Dewantari, R., Wulandari, A.D., & Prayitno, B. A. (2018). Profil kesadaran metakognisi siswa di salah satu sma swasta di Sragen. Biosfer: Jurnal Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 3(1), 21-29.

Gais, Z. Afriansyah, E .A. (2017). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal high order thinking ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255-266.

Khotimah, H., Tyaningsih, R. Y., & Sridana, N. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123-130.

Nafisah, K., Turmuzi, M., Triutami, T. W., Azmi, S. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan kemampuan awal matematika siswa. Griya Journal Of Mathematics Education and Application, 2(3), 719-731.

Nur, A. S. dan Pabolo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139-148.

Oktafyani, A., Istiningsih, S., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Angka Perkalian Terhadap Minat Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 67-75.

Prasetyo, N. H., Ramlah. (2021). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas viii pada soal timss ditinjau dari kemampuan awal. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4(5), 1147-1156.

Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Purnamasari, I., Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp pada materi spldv ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207–215.

Rosalinda, M., Purba, S. C., & Manalu, R. U. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp pada materi statistika ditinjau dari kemampuan awal matematika. Brillo Journal, 1(2), 49–59.

Saputra, Y.P., Baidowi, Wulandari, N. P., Hikmah, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 85-94.

Sari, N. I., Amrullah, Azmi, S., & Sarjana, K. (2021). Analisis tingkat metakognisi peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 36-43.

Siswono, Eko T. Y. (2018). Pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah Fokus pada berpikir kritis dan berpikir kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suekomto. (2000). Evaluasi Kemampuan Awal Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujalmo, N. (2013). Profil pemahaman siswa terhadap simbol, huruf, dan tanda pada aljabar ditinjau dari kemampuan matematika siswa dan fungsi kognitif Rigorous Mathematical Thinking (RMT). MATHEdunesa, 2(3), 1-8.

Turmuzi, M. (2016). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Mataram: Universitas Mataram.

Author Biography

Khairun Nisa, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Khairun Nisa, Nyoman Sridana, Nilza Humaira Salsabila, Laila Hayati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).