Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023
Open Access
Peer Reviewed

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis

Authors

Yosyana Kartin , Arjudin , Dwi Novitasari , Laila Hayati

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4891

Published:

2023-08-08

Downloads

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat penting, karena dengan kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan pemahaman konsep serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa untuk menyelesaikan suatu permasalahan khususnya dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataan kemampuan berpikir kritis siswa belum sesuai dengan yang diharapkan.Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut adalah melatih siswa agar mampu mengembangkan kecerdasan logis matematisnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Praya dalam menyelesaikan soal materi pola bilangan. Subjek penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII.1 dan metode pengumpulan data berdasarkan dua tes yakni tes kecerdasan logis matematis dan tes kemampuan berpikir kritis serta wawancara. Data hasil tes dan wawancara dianalisis untuk mengetahui kategori kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis berada dikategori tinggi, sedang, atau rendah. Indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu indikator milik Facione yang terdiri dari empat tahapan yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan kesimpulan. Hasil dari tes kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa kelas VIII.1 di salah satu SMP Negeri di Praya dalam penelitian ini berada dikategori sedang sebanyak 24 orang (80%) dengan persentase skor sebesar 50 % dan untuk persentase setiap indikator kemampuan berpikir kritis secara berturut yaitu interpretasi 74%, analisis 57%, evaluasi 54%, dan kesimpulan 23%. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kritis siswa berkategori kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Kartin, Y. ., Arjudin, Novitasari, D. ., & Hayati, L. . (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis . Journal of Classroom Action Research, 5(3), 35–41. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4891