Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis
DOI:
10.29303/jcar.v5i3.4891Published:
2023-08-08Issue:
Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Kemampuan berpikir kritis sangat penting, karena dengan kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan pemahaman konsep serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa untuk menyelesaikan suatu permasalahan khususnya dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataan kemampuan berpikir kritis siswa belum sesuai dengan yang diharapkan.Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut adalah melatih siswa agar mampu mengembangkan kecerdasan logis matematisnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Praya dalam menyelesaikan soal materi pola bilangan. Subjek penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII.1 dan metode pengumpulan data berdasarkan dua tes yakni tes kecerdasan logis matematis dan tes kemampuan berpikir kritis serta wawancara. Data hasil tes dan wawancara dianalisis untuk mengetahui kategori kemampuan berpikir kritis siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis berada dikategori tinggi, sedang, atau rendah. Indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu indikator milik Facione yang terdiri dari empat tahapan yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan kesimpulan. Hasil dari tes kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa kelas VIII.1 di salah satu SMP Negeri di Praya dalam penelitian ini berada dikategori sedang sebanyak 24 orang (80%) dengan persentase skor sebesar 50 % dan untuk persentase setiap indikator kemampuan berpikir kritis secara berturut yaitu interpretasi 74%, analisis 57%, evaluasi 54%, dan kesimpulan 23%. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kritis siswa berkategori kurang baik.
License
Copyright (c) 2023 Yosyana Kartin, Arjudin, Dwi Novitasari, Laila Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).