Analisis Muatan Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Tema 7 Dan Penanamannya Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Gugus 2 Kuripan

Authors

Bulan Maulida , Asrin , Muhammad Syazali

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4898

Published:

2023-08-28

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Pendidikan Karakter, Analisis Buku, Indahnya Keragaman

Articles

Downloads

How to Cite

Maulida, B., Asrin, & Syazali, M. . (2023). Analisis Muatan Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Tema 7 Dan Penanamannya Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Gugus 2 Kuripan . Journal of Classroom Action Research, 5(3), 99–105. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4898

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Saat ini fenomena kemerosotan moral terjadi hampir di seluruh Indonesia. Pemerintah melalui dunia pendidikan mengambil langkah dengan memperkuat implementasi pendidikan karakter di sekolah. Nilai-nilai pendidikan karakter harus ditanamkan melalui kegiatan pembelajaran dan buku siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan nilai pendidikan karakter dalam buku siswa kelas IV tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku dan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran di Gugus 2 Kuripan, tepatnya di SDN 2 Kuripan dan SDN 5 Kuripan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif berjenis analisis isi.  Berdasarkan hasil analisis buku dan wawancara dengan guru kelas IV, diketahui bahwa buku siswa yang dimaksud telah memuat kelima nilai pendidikan karakter yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Kelima nilai-nilai pendidikan karakter tersebut juga telah ditanamkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kedua sekolah tersebut dengan cara yang berbeda-beda.

References

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Prenada Media.

Anggriana, M., Zulkifli, L., & Handayani, S. (2022). Hubungan Antara Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Negeri 2 Labuapi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 127-133.

Barnadid, I., & Oktaviyanti, I. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Anak sebagai Upaya Pencegahan Lost Generation di SDN 4 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 76-81.

Dariyanto, A. (2022). Nilai-nilai Karakter Pada Buku Tematik Siswa Kurikulum 13. Al Marhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 74-89.

Fadlillah, M., Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Kanesa, P., & Maryana, M. E. (2021). Problematika Moral Bangsa Terhadap Etika Masyarakat. Jurnal Rechten: Riset Hukum dan Hak Asasi Manusia, 3(3), 25-35.

Kemendikbud. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV SD/MI Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2017). Konsep dan Pedoman PPK Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Masaong, A. K., Asrin, Haris, I., & Yunus, S. D. (2016). Developing Character Management Model for The Empowerment of Ethos Transformation Based Multiple-intelligence of Junior High School Students. Advance in Economics, Bussiness, and Management Research, 14(1), 45-49.

Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi: Dalam Era Industri 4.0. Jakarta: Bumi Aksara.

Pasani, C. F., Mariani, N., & Syaharuddin. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Bakumpai di SDN Batik Kabupaten Barito Kuala. The Proceeding of International Seminar Building Education Based on Nationalism Values (pp. 171-198). Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rizanti, W. N., & Jufri, A. W. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 114-120.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Bulan Maulida, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Bulan Maulida, Asrin, Muhammad Syazali

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).