Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Regulated Learning

Authors

Merisa Aspianasari , Laila Hayati , Ulfa Lu’luilmaknun , Muhamad Turmuzi

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4904

Published:

2023-08-08

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematis, Self-Regulated Learning.

Articles

Downloads

How to Cite

Aspianasari, M., Hayati, L. ., Lu’luilmaknun, U. ., & Turmuzi, M. . (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Regulated Learning. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 25–34. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4904

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari self-regulated learning siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mataram.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan satu kelas dengan subjek penelitian berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, angket SRL dan wawancara untuk memperkuat data. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas konstruk. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) kesimpulan. Hasil penelitian siswa dengan SRL tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi. Dimana siswa mampu memikirkan lebih dari satu jawaban, mencari alternatif jawaban yang berbeda dan dapat merincikan secara detail suatu gagasan menjadi lebih menarik. Siswa dengan SLR sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif sedang. Dimana siswa mampu memikirkan cara yang tak lazim dan merincikan suatu gagasan, tetapi terdapat kekurangan terkait memikirkan lebih dari satu jawaban dan mencari alternatif jawaban. Siswa dengan SRL rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah. Dimana siswa kurang maksimal dalam memikirkan lebih dari satu jawaban, mencari alternatif jawaban yang berbeda dan kurang mampu dalam memikirkan cara yang tidak lazim, tetapi siswa cukup mampu merincikan suatu penyelesaian pada soal.

References

Afian, N. (2016). Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Matematika. JPKM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). 2(1), 1-13.

Anggoro, S. B. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan STrategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 6. No. 2. hal.123.

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhaer, D. M., Amrullah., Wulandari, N. P., & Sarjana, K. (2023). Pengaruh Self-Reulated Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan pada Santriwati MTs. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 9-15.

Azmi, S. (2016). Self-Regulated Learning Salah Satu Modal Kesuksesan Belajar dan Mengajar. In Seminar Asean (pp.19-20).

Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Barizi, A. & Idris, M. (2009). Menjadi Guru Unggul. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ermayani, Y., Prayitno, S., Hikmah, N., Sripatmi. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1239-1244.

Fitriatien, S. R. & Mutianingsih, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri pada Masa Kuliah Oprasional Riset melalui Self-Regulated Learning. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 95-106.

Fitrah, N., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 105-111.

Hendri, R., Elniati, S. & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Di Kelas Viii Smpn 4 Bukittinggi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. Vol. 8. No. 1, hal 110.

Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif Disetai Contoh Praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Grup.

Lathifah, M. F., Rokhmat, J., & Kosim. (2023). Pengembangan E-Modul Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 326-331.

Meiliana, L & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Regulated Learning pada Siswa SMPN 1 Margaasih, Jurnal On Education, 1 (4).

Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Sari, D. R., Nurhayati., & Buyung. (2019). Analisis Kemampuan berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Motivasi Siswa pada Materi Lingkaran Di SMP Negeri 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 35-45.

Sari I. P. & Yunanti, T. (2015). Open-ended Problem untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. hal. 317.

Sholiha, T. A., Kuniati, N., Tyaningsih, R. Y., & Prayitno, S. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning (SRL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Masbagik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1355-1362.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Turmuzi, M. (2019). Evaluasi Proses Belajar Matematika. Mataram: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika.

Author Biography

Merisa Aspianasari, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Merisa Aspianasari, Laila Hayati, Ulfa Lu’luilmaknun, Muhamad Turmuzi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).