Pandangan Guru Matematika Terhadap Kurikulum Belajar Siswa Di Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2022/2023 (Study Komparasi Kurikulum 2013 Dan Merdeka Belajar)

Authors

Desiana Jiyantari , Laila Hayati , Muhammad Turmuzi , Nani Kurniati

Published:

2023-08-08

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Pandangan Guru Matematika Terhadap Kurikulum Belajar Siswa.

Articles

Downloads

How to Cite

Jiyantari, D., Hayati, L. ., Turmuzi, M. ., & Kurniati, N. . (2023). Pandangan Guru Matematika Terhadap Kurikulum Belajar Siswa Di Kecamatan Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2022/2023 (Study Komparasi Kurikulum 2013 Dan Merdeka Belajar). Journal of Classroom Action Research, 5(3), 42–48. Retrieved from https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/4905

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pandangan para guru matematika terhadap kurikulum belajar siswa di Kecamatan Labuhan Haji pada tahun ajaran 2022/2023. Melalui studi komparasi antara Kurikulum 2013 (K13) dan Kurikulum Merdeka Belajar, penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar guru matematika memberikan pandangan positif terhadap K13, terutama terkait kesesuaian dan keteraturan materi. Namun, K13 memiliki kelemahan seperti padatnya materi dan kurangnya fleksibilitas dalam penilaian. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru matematika tentang Kurikulum Merdeka Belajar masih kurang, terutama terkait tujuan dan strategi pembelajaran. Motivasi belajar siswa juga memainkan peran penting dalam meningkatkan prestasi belajar mereka di kedua kurikulum. Guru matematika memegang peranan sentral dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dengan memberikan motivasi, pengajaran yang menarik, dan pembelajaran yang efektif. Dalam kesimpulannya, meskipun implementasi K13 dan Merdeka Belajar memiliki perbedaan dalam pendekatan dan tujuan pembelajaran, keduanya memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika jika dilaksanakan dengan baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan penting bagi pemangku kepentingan pendidikan untuk meningkatkan pendekatan pembelajaran matematika yang lebih efektif di Kecamatan Labuhan Haji.

 

References

Ahmad, S. (2014). Problematika kurikulum 2013 dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah. Jurnal pencerahan, 8(2).Sitti Mania, (2014). Asesmen Autenti kuntuk Pembelajaran Aktif dan Kreatif Implementasi Kurikulum 2013. Makassar :Alauddin University Press.

Habiba Ulfahyana.(2017). Persepsi Guru Matematika Tentang Implementasi Kurikulum 2013 Kelas X Di SMA Negeri 16 Makassar. UIN Alauddin Makassar

Haris, A. P., Dewi, N. K., & Jaelani, A. K. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue).

Heriyati. (2017). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif.

Ilyas, Hamka.( 2011), Konsepdan Teori Pengembangan Kurikulum, Makassar: Alauddin University Perss

Kemendikbud, Permendikbud Nomor 69 Tahun) tentang Kurikulum SMA/MA Jakarta: Mendikbud, 2013.

Kemendikbud. (2019). Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar, Jakarta

Komalasari, F. D., Widada, I. K., & Husniati, H. (2022). Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika dengan Kurikulum 2013 Masa Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 11-17.

M. Fadlillah, 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI/SMP /MTS, & SMA/MA, Depok : Ar- Ruzz Media

Manik, H., Sihite, A. C. B., Sianturi, F., Panjaitan, S., &Hutauruk, A. J. B. (2022). tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandem Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1),

Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: BumiAksara

Qomariyah (2014). “Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum 2013 di MTs Al Fitroh Bonang Demakâ€.Jurnal 03, No.1.

Rahma Sarifah ( 2016). Pendekatan Pengelolaan Kurikulum Dalam Menciptakan Sekolah Unggul

Sariono. (2014). “Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emasâ€, E-Jurnal, vol.3

Sarjana, Ketut, Sridana, Nyoman, Hapipi, Kurniati,Nani (2018). Analisis Keterampilan Kurikulum 2013 bidang Matematika Pada Siswa SMPN di Kota Mataram.

Sugiyanta,L (2017). Analisis Pembelajaran Mamtematika Kurikulum 2013 Dalam Rangka Neningkatkan Nilai Pisa Matematika

Suparlan (2012) Analisis Pengelolaan Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Berbasis Multimedia (Study Deskriptif Pada Kelas X MIA (Matematika Dan Ilmu Alam) SMAN 1 Bale Endah.

Trisna Fatmawati. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas III SDN 156 Seluma. IAIN Bengkulu

Author Biography

Desiana Jiyantari, Universitas Matram

License

Copyright (c) 2023 Desiana Jiyantari, Laila Hayati, Muhammad Turmuzi, Nani Kurniati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).