Pengaruh Pembelajaran Sistem Pernapasan Pada Manusia Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik

Authors

Hiliyatul Aulia , Agus Ramdani , Prapti Sedijani

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4925

Published:

2023-08-15

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Praktikum, Keterampilan Proses Sains, Sistem Pernapasan Pada Manusia.

Articles

Downloads

How to Cite

Aulia, H., Ramdani, A., & Sedijani, P. (2023). Pengaruh Pembelajaran Sistem Pernapasan Pada Manusia Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik . Journal of Classroom Action Research, 5(3), 55–60. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4925

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Siswa SMP/MTs masih memiliki tingkat keterampilan proses sains rendah. Rendahnya keterampilan proses sains diakibatkan karena pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA yang dimiliki siswa masih kurang. Keterampilan proses sains dapat digunakan siswa sebagai bekal untuk menggunakan metode ilmiah dalam mengembangkan pengetahuannya. Keterampilan proses sains adalah keterampilan yang memfokuskan siswa pada pembelajaran proses untuk mengembangkan keterampilan dalam memahami konsep, mengembangkan fakta dan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sistem pernapasan pada manusia berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Labuapi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan model nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 22 siswa untuk kelas eksperimen, dan 22 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan angket berupa penilaian keterampilan proses sains. Analisis data keterampilan proses sains menggunakan angket, diperoleh skor sebesar 83% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor sebesar 64,7% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan keterampilan proses sains peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.

References

Cartono. (2007). Metode Dan Pendekatan Dalam Pembelajaran Sains. Bandung: PPS UPI.

Emda, A. (2017). Laboratorium sebagai sarana pembelajaran kimia dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kerja ilmiah. Lantanida journal, 5(1), 83-92.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Ningrum, S. (2023). Profil Pelaksanaan Praktikum Biologi di Kelas XI SMAN 1 Praya Timur. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 355-359.

Ningsyih, S., & Fauziah, N. (2022). Kelayakan Perangkat Pembelajaran IPA Tematik Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Karakter Budaya Peserta Didik SD. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 97-103.

Pandipa, A. K. H. (2020). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 3 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie 12, (1), 1-9.

Pertiwi, N., Yolida, B., & Sikumbang, D. (2020). Hubungan Pelaksanaan Praktikum Dengan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. 8 No.( 1), 27-35.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Santosa, P. (2018). Mahir Praktikum Biologi Penggunaan Alat-Alat Sederhana Dan Murah Untuk Percobaan Biologi. Yogyakarta : CV BUDI UTAMA.

Sari, Nurhikma. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Hidrokarbon Dengan Menggunakan Metode Praktikum Berbasis Daily Life. Skripsi Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Sasmitha, L. D., Hadiprayitno, G., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 292-298.

Subiantoro, A. W. (2010). Pentingnya Praktikum Dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 7 (5), 1-11.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ulfa, N. M. (2020). Analisis media pembelajaran flash card untuk anak usia dini. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 34-42.

Usman, A. A., & Faradina, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 3 Kota Ternate. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika, 4(1), 1-16.

Yuli Widayanti, Esti. (2016). Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains Dasar SD/MI. Ponogoro: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Hiliyatul Aulia, UNIVERSITAS MATARAM

License

Copyright (c) 2023 Hiliyatul Aulia, Agus Ramdani, Prapti Sedijani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).