Hubungan Literasi Dini Dengan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Siswa

Authors

Muhammad Widaad Ramadhani , I Nyoman Karma , Johan Mahyudi

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.4979

Published:

2023-08-14

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Literasi Dini, Keterampilan Menulis, Kalimat Sederhana.

Articles

Downloads

How to Cite

Ramadhani, M. W. ., Karma, I. N. ., & Mahyudi, J. . (2023). Hubungan Literasi Dini Dengan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(3), 61–65. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4979

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi dini dengan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas 1 SDN 1 Ampenan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini 62 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan tipe data interval. Hasil indentifikasi literasi awal dan hasil keterampilan menulis keduanya berada dalam kategori sangat baik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini mengunakan rumus Product Moment. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan nilai rhitung 0,516 dan nilai r tabel Product Moment (Person) dengan taraf 5% adalah 0,250 dimana nilai rhitung > rtabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan antara literasi dini dengan keterampilan menulis kalimat sederhana. Berdasarkan tabel interpretasi koefesien korelasi bahwa nilai rhitung= 0,516 yang berada diantara interval koefisien 0,40-0,599 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara literasi dini dengan kemampuan menulis

References

Badudu, J. S. (1979). Pelik-pelik bahasa Indonesia.

Clay, M. M. (2021) Change Over Time in Children’s to Literacy Instruction. Newyourk Guilford Press

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. PT Rajagrafindo Persada : Jakarta

Firdaus, A., Widiada, I. K., & Saputra, H. H. (2020). Implementasi Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 228-233.

Ghoting, S. N., & Martin-Diaz, P. (2006). Early literacy storytimes@ your library®: Partnering with caregivers for success. American Library Association.

Jalaludin, J. (2021). Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Literasiologi, 7(1).

Kemendikbud. (2020). Tingkatkan Praktik Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Strategi Menarik.

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Rosyidah, A. N. K., & Nurmawanti, I. (2019). Problem-solving ability of primary school teachers based on Polya’s method in Mataram City. Pythagoras, 14(2), 139-149.

Musaddat, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Mataram: Universitas Mataram.

Musthafa, B. (2008). Dari literasi dini ke literasi teknologi. Diterbitkan atas kerjasama Yayasan CREST, Center for Research on Education and Sociocultural Transformation dengan New Concept English Education Centre Jakarta, Indonesia.

Pradipta, G. A. (2014). Keterlibatan orang tua dalam proses mengembangkan literasi dini pada anak usia paud di Surabaya. Journal Universitas Airlangga, 3(1), 1-2.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Vygotsky, L. S., & Cole, M. (1978). Mind in society: Development of higher psychological processes. Harvard university press.

Whitehurst, G. J., & Lonigan, C. J. (2001). Emergent literacy: Development from prereaders to readers. Handbook of early literacy research, 1, 11-29.

Yani, J. A., Mangkunegara, A. A. P., & Aditama, R. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Zainurrahman, S. S. (2011). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Zulanwari, Z. A. Z., Ramdani, A., & Bahri, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Terhadap Soal–Soal PISA Pada Materi Virus dan Bakteri. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 210-216.

License

Copyright (c) 2023 Muhammad Widaad Ramadhani, I Nyoman Karma, Johan Mahyudi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).