Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

Irya Arisantika Hiqwan , Amrulloh , Nilza Humaira Salsabila , Harry Soeprianto

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.5013

Published:

2023-08-29

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Hasil Belajar Matematika Siswa, Kebiasaan Belajar, Minat Belajar.

Articles

Downloads

How to Cite

Hiqwan, I. A. ., Amrulloh, Salsabila, N. H. ., & Soeprianto, H. . (2023). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 86–91. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5013

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dalam ilmu pengetahuan dan teknologi karena mempelajari ilmu dasar yang digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, keberhasilan pembelajaran matematika perlu mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MAN 2 Mataram tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah minat belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2) sebagai variabel bebas serta hasil belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MAN 2 Mataram tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 421 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 44 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Instrumen penelitian ini berupa angket minat belajar, angket kebiasaan belajar dan tes hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat dan kebiasaan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 2 Mataram tahun ajaran 2023/2024 sebesar 98,6%.

References

Araniri, N. (2018). Kompetensi profesional guru agama dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Risâla: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 75–83.

Asri, A., Kurniati, N., Triutami, T. W., & Turmuzi, M. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) ditinjau dari minat belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Masbagik tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 742–751.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Daud, M. H., & Lidi, M. W. (2020). Hubungan kebiasaan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar IPA siswa SMPK St Gabriel Ndona. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 143–149.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eva, L. M. (2018). Pengaruh kebiasaan belajar dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika. Journal of Mathematics Science and Education, 1(1), 1-11.

Fitriani, Sripatmi, & Baidowi. (2019). Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 1 Jonggat. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(2), 104–112.

Futurusin, D. (2018). Boost Your Islamic Habits. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Oktafyani, A., Istiningsih, S., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu angka perkalian terhadap minat belajar matematika. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 67–75.

https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1908

Panie, R. P. S., Kurniati, N., Kurniawan, E., & Hikmah, N. (2023). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa SMPN 8 Mataram kelas VII tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1065–1073.

Rahayu, M. M. (2015). Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika. Journal of Elementary Education, 4(1), 39-45.

Saifullah, & Muchlis. (2018). Hubungan antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar matematika siswa dengan prestasi belajar siswa. SUPERMATJurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–10.

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Gamping. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92-109.

Siagian, R. E. F. (2012). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122-131.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35-43.

Wahyi, H., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., & Azmi, S. (2023). Pengaruh pendekatan problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 315–325.

https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4696

Widiati, Sridana, N., Kurniati, N., & Amrullah. (2022). Pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 2(4), 855-892.

Wurarah, M. (2022). Implikasi Prior Knowledge, Persepsi Siswa Pada Kemampuan Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Biologi: Studi Kasus Pada Siswa SMA Negeri di Kota Manado. Yogyakarta: Percetakan Bintang.

Yani, V. P., Azmi, S., Wahidaturrahmi, & Turmuzi, M. (2023). Pengaruh media pembelajaran berbasis powerpoint terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bima tahun ajaran 2022/2023. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue),262–268.

https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4289

Author Biography

Irya Arisantika Hiqwan, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Irya Arisantika Hiqwan, Amrulloh, Nilza Humaira Salsabila, Harry Soeprianto

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).