Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Software Delphi dan Geogebra

Authors

Baiq Winda Suci Ramdani Ramdani , Amrullah , Junaidi , Sudi Prayitno

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.5088

Published:

2023-09-05

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Delphi, Geogebra, Software, Teorema Pythagoras

Articles

Downloads

How to Cite

Ramdani, B. W. S. R., Amrullah, Junaidi, & Prayitno, S. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Software Delphi dan Geogebra . Journal of Classroom Action Research, 5(3), 139–152. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5088

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Rendahnya pengembangan media sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Mataram terutama materi geometri khususnya yang berkaitan dengan teorema pythagoras. Dalam penelitian ini akan dibuat media pembelajaran menggunakan software Delphi dan Geogebra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Dalam penelitian ini, untuk menguji kelayakan media yang dihasilkan digunakan angket yang berupa lembar validasi oleh dua ahli media dan dan angket respon peserta didik. Berdasarkan analisis data diperoleh untuk kelayakan media dalam kategori valid dengan rata-rata hasil validasi ahli media dan ahli materi yaitu 0.834, sedang untuk hasil respon peserta didik terhadap media sebesar 83.69% dan dalam kategori sangat baik. Adapun untuk menguji tingkat efektivitas produk digunakan intsrumen tes yang terdiri lembar pre-test dan post-test pada 29 peserta didik dan diperoleh rata-rata hasil pre-test dan post-test yaitu 41.86, dan 78.21. Dengan uji t berpasangan atau uji-t sample related dengan software SPSS 21 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0.00 < α = 0.05. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran menggunakan software delphi dan geogebra layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras.

References

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Edwana, N., Rahmad, M., & Islami, N. (2017). The Development of Media Learning Based Borland Delphi 7 to The Matter of Electromagnetic Waves. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(2), 1–10. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/15840

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hadi, M. S., Fattah, A. H., & Rizta, A. (2018). Penggunaan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Program Linier. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2236

Harmayanti., Arjudin., & Rosyidah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tabung Penjumlahan Berbasis Montessori Untuk Siswa Kelas II SDN 3 Kabar Lombok Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2135-2145. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.894

Haryono, H. (2015). Wawancara, Observasi, dan Fokus Grops. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Kamilia, D., Baidowi., & Hapipi. (2021). Pengembangan Website Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Mandalika Mathematics and Education Journal, 3(2), 140-148. http://dx.doi.org/10.29303/jm.v3i2.1486

KEMENDIKBUD. (2019). Capaian Nilai Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019. Diambil dari http://puspendik.kemendikbud.go.id/hasil-un/Diakses tanggal 28 Januari 2022.

Khosi’urrohmah, I., Sridana, N., Hikmah, N., & Prayitno, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Blogspot untuk Pembelajaran Mandiri Siswa pada Materi Koordinat Kartesius. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 212-220. 10.29303/jcar.v4i4.2512

Kristanti, & Murdanu. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika yang Berkaitan dengan Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(8), 1–8. https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.1009

Murhada, & Giap, Y. C. (2011). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Nuriyanti, L., Prayitno, S., Tyaningsih, R. Y., Sarjana, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis PowToon Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1462-1471. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.808

Pribadi, R. B. A. (2009). Model-Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rahmat, & Irfan, D. (2019). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(1), 48–53. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i1.103642

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rhamdany, Z., Arifin, S., & Irpan, S. (2017). Kombinasi Delphi Dan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Dimensi Tiga. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islam), 1(1), 6–14. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/20

Rifai, M., & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Media Puzzle untuk Pembuktian Teorema Pythagoras. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 41–60. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i1.953

Rizanti, W. N., & Jufri, A. W. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 114-120

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Salsabila, N. H., & Setyaningrum, W. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME: STATISTICS IN ARCTIC. Mandalika Mathematics and Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.29303/jm.v1i1.1248

Subarinah, S., Sridana, N., & Prayitno, S. (2021). Development of Learning Model Based on Cognitive Processes in Mathematical Investigation. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556(Access 2020), 531– 533. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.143

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanta, N. A., Sudhita, I. W. R., & Sudarma, I. K. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Transportasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 3 Pegadungan. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v2i1.2270

Susilana, R, & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wahana Prima.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Syaharuddin, & Mandailina, V. (2017). Kombinasi Delphi Dan Ms Access dalam Sistem Perancangan Perpustakaan Digital. Paedagoria | FKIP UMMat, 8(1), 31-35. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v8i1.164

Umar, H. (2002). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedika Pustaka Utama.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI Dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Jakarta: Depdiknas.

Author Biography

Baiq Winda Suci Ramdani Ramdani, Student

License

Copyright (c) 2023 Baiq Winda Suci Ramdani Ramdani, Amrullah, Junaidi, Sudi Prayitno

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).