Pembelajaran Guru yang Memotivasi Siswa di Kelas V Se-Gugus I Kecamatan Gerung

Authors

Ajeng Kurnia Astiza , A. Hari Witono , Iva Nurmawanti

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.5098

Published:

2023-08-29

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

ARCS, Gugus 1, Pembelajaran Yang Memotivasi.

Articles

Downloads

How to Cite

Astiza, A. K. ., Witono, A. H. ., & Nurmawanti, I. . (2023). Pembelajaran Guru yang Memotivasi Siswa di Kelas V Se-Gugus I Kecamatan Gerung. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 106–112. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5098

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pembelajaran yang memotivasi adalah upaya/tindakan yang dilakukan guru dalam mengatur segala komponen belajar untuk menunjang agar siswa termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembelajaran guru yang memotivasi berdasarkan indikator ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) se-gugus I kecamatan Gerung secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V se-gugus I kecamatan Gerung dengan jumlah 293 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik presentase. Pernyataan pada angket merujuk pada indikator memotivasi ARCS oleh Keller pada empat elemen Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran yang memotivasi secara mayoritas beradapa pada kriteria memotivasi dengan presentase sebesar 55% siswa dari 293 responden. Berdasarkan presentase per-indikator secara keseluruhan diperoleh Attention (81%), Relevance (76%), Confidence (78%), and Satisfaction (79%).

References

Alfiyana, R., Sukaesih, S., & Setiati, N. (2018). Pengaruh model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dengan metode talking stick terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan makanan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (2), 226-236.

Anif, T. S. (2020). Analisis Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. 102.

Ardiansyah, A., Witono, H., & Jaelani, A. K. (2023). The Effect of Parental Support on the Learning Motivation of Grade IV Elementary School Cluster 3 Students of Kempo District for the 2022/2023 Academic Year. International Journal of Social Service and Research, 3(7), 1800-1805.

Arianti. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dikdaktika Jurnal Kependidikan, 117-134.

Christanty, Z. J., & Cendana, W. (2021). Upaya guru meningkatkan keterlibatan siswa kelas K1 dalam pembelajaran synchronous. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 337-347.

Ikhwani, R., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Motivasi Berprestasi (Achievementmotivation) Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 18-28.

Keller, J. M. (2010). Motivational design for learning and performance. Springer.10.1007/978-1-4419-1250-3

Latief, A. (2023). PERANAN PENTINGNYA LINGKUNGAN BELAJAR BAGI ANAK. Jurnal Kependidikan, 7(2), 61-66.

Matje, I. (2022). Hubungan Pemberian Reward (Hadiah) Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 122-128.

Najama, N., Setyosari, P., & Munzil, M. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Motivasional Attention Relevance Confidence Satisfication (ARCS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1428-1434.

Pratiwi, S. Y. (2021). Optimalisasi Model ARCS dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MI At-Taqwa Bondowoso. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 135-148.

Sardirman, A.M. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210-219.

Sugianto, A., Qomariah, M. S., & Alisha, A. N. (2023). 16. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Sebagai Need Assessment Pembelajaran Berdiferensiasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(03), 520-531.

Sukarno, S., & Salamah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction.) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 75 Kota Bengkulu. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 137.

Susanti, L. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Swarjana, I. K. (2022). Populasi -Sampel, Teknik Sampling dan Bias Dalam Penelitian. Bali: Penerbit Andi.

Thorner, N. (2017). Motivational Teaching. English: Oxford University Press.

Widiyoko, E. P. (2018). Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.

Wulandari, W., Azmi, S., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455-466

Yulianti, Y., Murdani, E., & Kusumawati, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X. Variabel, 2 (1), 24-30.

Yuniarto, T. K. 2022. Pengaruh Peran Orang Tua dan Pengelolaan Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar PAI. Program Studi Agama Islam. Universitas Muhamadiyah. Magelang.

License

Copyright (c) 2023 Ajeng Kurnia Astiza, A. Hari Witono, Iva Nurmawanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).