Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

Bella Trisani , Siti Rohana Hariana Intiana , Muhammad Sobri

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.5100

Published:

2023-08-29

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Big Book, Kemampuan Membaca Permulaan, Media.

Articles

Downloads

How to Cite

Trisani, B. ., Intiana, S. R. H. ., & Sobri, M. . (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 92–98. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5100

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa 1 di SDN 48 Cakranegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental dengan design One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu jumlah populasi dijadikan sampel, populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 1 SDN 48 Cakranegara yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes penilaian unjuk kerja untuk mengukur kemampuan membaca permulaan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T Test. Pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN 48 Cakranegara.

References

Adnan, A., Yamin, M., Aulia, M., & Kurniawati, R. (2019). “Penggunaan Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Basicedu, 3(3), 963-969.

Artini, L. E. J., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh metode membaca dasar bermediakan big book terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 192-202.

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73-81.

Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 131-144.

Bua, M. T. (2022). “Efektivitas media animasi pada keterampilan membaca permulaan siswa di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Basicedu, 6(3), 3594-3601.

Dany. 2020. Tingkat Literasi Indonesia Memprihatinkan. Kemenkopmk.go.id.

Fatriani, A., & Samadhy, U. (2018). “Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kataâ€. Joyful Learning Journal, 7 (1), 1-9.

Fitriana, F. (2017). Peningkatan minat membaca menggunakan media big book pada siswa kelas IIIB SD negeri Jageran. Basic education, 6(6), 550-557.

Hartini, B. H. D., Intiana, S. R. H., & Jaelani, A. K. (2022). “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 5 Praya Tahun 2021/2022â€. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Huduni, A., Affandi, L. H., & Nisa, K. (2022). “Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas 1 SD Negeri 3 Darekâ€. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 394-398.

Ihsanda, B. A. ., Darmiany, & Khair, B., N. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di MI Raudatul Jannah Al Ma’arif . Journal of Classroom Action Research, 4(4), 27–34.

Istiqoma, N. ., Affandi, L. H., & Khair, B. N. . (2023). Analisis Jenis-Jenis Kesulitan dalam Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 12–17.

Johan, G. M., & Ghasya, D. A. V. (2018). Pengembangan Media Literasi Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 184-199.

Karumpa, A., & Dahlan, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 818-825.

Lynch. (2008). “A Guide for Using Big Books in the Classroomâ€. Jurnal Scholastic Canada Ltd. Hlm. 1-6.

Nurika, D., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). “Pengembangan Media Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Penanaman Nilai Karakter Siswa Kelas II Sekolah Dasarâ€. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2208-2216.

Permatasari, A. N., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2018). “Kemampuan Abstraksi Anak Usia Dini Mengenai Topik Astronomi Dengan Media Big Bookâ€. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 7(1), 1-7.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446-452.

Purwanti, K. Y., & Apriliani, E. I. (2019, October). “Efektivitas Penggunaan Media Big Book Literasi Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasarâ€. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 1, No. 1, pp. 307-314).

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Saputra, D., Makki, M., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Dongeng Monyet Dan Kura-Kura Mata Pelajaran PPKN. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 75–80.

Setyastuti, C. S., Santoso, A. B., & Haryanti, U. (2022). “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 1 Munggung, Karangdowo, Klaten, Tahun Pelajaran 2021/2022â€. JURNAL MITRA SWARA GANESHA, 9(1), 32-42.

Syelviana, N., & Hariani, S. (2019). ‘Pengembangan Media Big book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasarâ€. JPGSD, 7(1), 2559–2569.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Bella Trisani, Siti Rohana Hariana Intiana, Muhammad Sobri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).