Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa

Authors

Deti Muti’ah Syahriza , Ida Ermiana , Asri Fauzi

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.5103

Published:

2023-08-28

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Pendekatan RME, Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi Belajar Matematika

Articles

Downloads

How to Cite

Syahriza, D. M. ., Ermiana, I., & Fauzi, A. . (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(3), 73–85. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5103

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Bertong. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bertong dengan banyak anggota populasi 31 siswa dan pemgambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh atau sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan lembar kuesioner (angket). Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t berpasangan (Paired Sample t-Test) pada data kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika masing-masing dengan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, uji hipotesis penelitian ini dapat dilihat pada t hitung dan t tabel. Hasil t hitung dan t tabel pada data kemampuan pemecahan masalah diperoleh t hitung sebesar 8,201  t tabel sebesar 2,04227 sedangkan hasil t hitung dan t tabel pada data motivasi belajar matematika diperoleh t hitung sebesar 12,262  tabel sebesar 2,04227. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN Bertong dan adanya pengaruh pendekatan RME terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Bertong.

References

Amalia, L., & Sulistyorini, Y. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(1), 109-116.

Astriyani, A. (2015). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Bahan Manipulatif Terhadap Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 28-42.

Bunga, N., Isrok’atun, & Julia. (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 441-450.

Catrining, L., & Widana, I., W. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Educations (RME) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Emasains, 7(2), 120- 129.

Cengiz, S., & EÄŸmir, E. (2022). The Effect of Realistic Mathematics Education on Academic Achievement, Motivation and Retention of Fifth Grade Students i. Universal Journal of Educatuonal Research, 10(3), 225-239. https://doi.org/10.13189/ujer.2022.100305.

Desyandri, Fahrudin, F., Fauzan, A., Fitria, Y., & Yetri, O. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) da Self Efficacy Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2000-2008.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Ermiana, I., Umar, Khair, B., N., Fauzi, A., & Sari, M., P. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Inklusif dalam Memecahkan Soal Cerita. Journal of Elementary Education, 4(6), 895-905.

Fatmawati, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. JPUD-Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2),325-336.

Fitriani, D. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. http://etheses.uinmataram.ac.id/1700/1/Dian%20Fitriani%20160103115.

Frisnoiry, S., (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Matematika, 12(1), 78-89.

Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perdana Publishing.

Hendriana, H. (2018). Hard skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hewi, L., M., S. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 30-41.

Hidayanthi, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10667-10672.

Hutagalung, M., H., Zulfadli, & Siregar, E., Y. (2021). Peran Orang Tua Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Selama Pandemi COVID-19 di Lingkungan III Kecamatan Sosorgadong. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 425-433.

Indarwati, D., & Wahyudi, N., R. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17–27.

Istarani & Pulungan, I. (2019). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: CV Iscom Medan.

Khotimah, H. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 116-123.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Kurniawati, R., P., Gunawan, I., & Marlina, D. (2020). Mathematic Literation Abilities Based on Problem Solving Abilities in First Class 4 of Elementary School. Advance in Social Science, Education dan Humanities Research, 487, 186- 192. https://doi.org/10.2991/1/assehr.k.201112.033.

Layali, N., K., & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 137-144.

Lestari, D., A., & Saadati, B., A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VI MI Mutaalimin Pandeglang. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 13(2), 89-104.

Maghfiroh, F., L., Amin, S., M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342-3351.

Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mea (Means Ends Analysis). Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 1(1), 13-25.

Marini, M., As’ari, A., R., & Chandra T., D. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Pendidikan, 2(4), 470-477.

Maulyda, M., A., Umar, Rosyidah, A., N., K., Fauzi, A., & Hidayati, V., R. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2400-2414.

Nikmah, M., Yudiyanto, Wahyuni, S., & Ikashaum, F. (2022). Motivasi Belajar Matematika Siswa Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 19-25.

Pramartha, I., N., B., Suharsono, N., & Mudana, W. (2022). Kajian Analisis Penerapan Teori Konstruktivisme Melalui Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2421-2425.

Putri, E., S. (2020). Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi BelajarSiswa. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/11144SKRIPSI_EMA%20SURYA%20PUTRIpdf?sequence=1&isAllowed=y.

Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M., F., A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96-101.

Rahayu, E., & Muhtadi, D. (2022). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Kongruen, 1(4), 331-342.

Rahmatih, A., N., Fauzi, A., & Ermiana, I. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 28(2), 76-83.

Rakhmawati, D. (2018). Teams Games Tournament (TGT): Improve Motivation of Studying Social Study Elementary School Students. Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), 17-20.

Ravina, Maimunah, & Yenita, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15320.

Rusmawati, K., U. (2019). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-5. doi:10.37150/jp.v3i1.1127.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumira, Putri, S., R., & Sari, A., M. (2022). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Sitiung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 10-16.

Suraji, M., & Sehatta, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115–136. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260.

Syamsudin, N., Afrilianto, M., & Rohaeti, E., E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Cariu pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 313-324.

Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1), 440-448.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177-185.

Widana, W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450-462.

William & Hita. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan Powerpoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. JSM STMIK Mikroskil, 20(1), 71-80.

Winarni, E., S., & Harmini, S. (2017). Matematika untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wuryanti, Suryanto, A., & Noviyanti, M. (2022). Pengaruh Pendekatan RME Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik, 6(2), 351-360.

Zulfa, L., N., Ermiana, I., & Affandi, L., H. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV B SDN 1 Rumak Kecamatan Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Indonesian Journal of Elementary and Chilhood Education, 1(2), 44-50.

License

Copyright (c) 2023 Deti Muti’ah Syahriza, Ida Ermiana, Asri Fauzi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).