Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v5i3.5152Published:
2023-08-31Issue:
Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023Keywords:
Membaca Permulaan, Motivasi, Penghambat Membaca.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat siswa dalam membaca permulaan di kelas II SDN 1 Kawo tahun pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif mendeskripsikan faktor-faktor penghambat kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 1 Kawo. Populasi dan sampel pada penelitian ini seluruh siswa kelas II A dan kelas II B yang berjumlah 31 orang, teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara. Hasil penelitan menunjukkan bahwa adanya faktor penghambat membaca permulaan ada dua yaitu faktor internal Maka dapat diketahui minat atau keinginan siswa dalam membaca sangat kurang belum lagi kebanyakan siswa tidak diberikan dukungan atau pendampingan belajar membaca oleh orangtua karena alasan sibuk bekerja. Walaupun telah mendapat ,motivasi dari guru tapi masih tetap kurang sehingga dari diri siswa tidak ada dorongan untuk membaca  dan faktor eksternal yaitu Disini berasal dari lingkungan sekolah. Kurangnya motivasi dan tidak adanya metode pengajaran yang menarik dari guru juga merupakan faktor penghambat dalam membaca permulaan siswa selain itu kurangnya sarana prasarana sekolah untuk menunjang pembelajaranya juga menjadi faktor yang menghambat membaca permulaan siswa di kelas II SDN 1 Kawo.
References
Ihsanda, B. A., & Khair, B. N. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di MI Raudatul Jannah Al Ma’arif. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 27-34.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: pustaka Setia.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Munib, S. (2012). Continuous ambulatory peritoneal dialysis in Khyber Pukhtonkhuwa province of Pakistan and adjoining areas of Afghanistan. Rawal Medical Journal, 37(3).
pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283–289.
Putri, A., & Rosyidah, A. N. K. (2023). Analisis Faktor Penghambat Gerakan Literasi Baca Tulis Siswa di Desa Wisata MI Nurul Islam Kuta. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 178-187.
Rahim, F. 2011. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rahman, A. A., Darmiany, D., & Wardani, K. S. K. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I Di SDN 26 Ampenan. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 72-77.
Solchan, T. W. (2009). Pendidikan bahasa di SD. Universitas terbuka.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Bandung: ALFABETA,cv.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Bandung: ALFABETA,cv.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa Bandung.
Tarmizi, A. T. A. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61-80.
Taufina, T. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 3(3), 956-962.
License
Copyright (c) 2023 Wiga Puspita Sari, Muhammad Tahir, Nurul kemala Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).