Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v5i3.5153Published:
2023-08-31Issue:
Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023Keywords:
Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SDN 15 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen , jenis Quasi Eksperimen tipe Non Equivalent Control Group Design, dengan perlakuan yang berbeda dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Mataram kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model discovery learning dan kelas kontrol dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk isian. Teknik analisis dengan menggunakan metode statistik uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional, karena dalam proses pembelajarannya discovery learning mengajak siswa untuk terlibat secara langsung dalam memecahkan masalah dan menemukan sendiri pengetahuannya. Sehingga dalam proses tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa salah satunya kemampuan berpikir kritis. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas IV SDN 15 Mataram.
References
Ajizah, E., & Artayasa, I. P. (2022). Validitas Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 121-127.
Balqist, A., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(2), 103-111.
Ermiana, I., Rosyidah, A. N. K., Fauzi, A., & Hidayati, V. R. (2022). Effectiveness of Web-Based Flipped Classroom Reviewed from UnderstandingMathematics Concepts of Primary Teacher Education Students. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 11(1), 65-75.
Fauzi, A., Ermiana, I., Rosyidah, A. N. K., & Sobri, M. (2022). Implementasi Case Method (Pembelajaran Berbasis Pemecahan Kasus) Ditinjau Dari Kemampuan Kolaboratif Mahasiswa. JURNAL EDUSCIENCE, 9(3), 809-817.
Gunawan, G. (2017). Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Sains.
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Istiana, G. A., Saputro, A. N. C., & Sukardjo, D. J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi belajar pokok bahasan larutan penyangga pada siswa kelas xi ipa Semester II sma negeri 1 ngemplak Tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 65-73.
Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulya, F. R., Rokhmat, J., & Ramdani, A. (2022). Validitas perangkat pembelajaran fisika model discovery untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 128-132.
Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1308-1314.
Putra, A. G. P., & Bektiarso, S. (2017). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika di SMA (Kelas X SMA Negeri 3 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 129-134.
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi nilai kearifan lokal (local wisdom) dalam pembelajaran sains sekolah dasar: Literature review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Rohim, F., & Susanto, H. (2012). Penerapan model discovery terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Sapitri, U. E., Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X pada materi kalor. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 64-66.
Surawan, S. (2019). Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 29-30.
Trianto, T. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudi, S., Mulyani, P. K., Utari, A., & Lestari, W. (2012). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa S1 PGSD FKIP UKSW. Respository. Uksw. Edu, 4(2), 228-238.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
License
Copyright (c) 2023 Alya Aprianingsih, Ida Ermiana, Aisa Nikmah Rahmatih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).