Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Lingkaran

Authors

Oktavia Arliana Dewi , Laila Hayati , Nurul Hikmah , Ketut Sarjana

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.5169

Published:

2023-09-03

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Bahan ajar interaktif, Canva, Lingkaran.

Articles

Downloads

How to Cite

Dewi, O. A., Hayati, L. ., Hikmah, N. ., & Sarjana, K. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Lingkaran. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 162–169. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5169

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan bahan ajar interaktif berbasis canva pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2022/2023. Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis canva dilakukan dengan prosedur penelitian pengembangan Sugiyono dengan 7 langkah yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk dan yang terakhir revisi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket validasi dan angket kepraktisan. Teknik analisis data kevalidan bahan ajar interaktif dilakukan dengan menggunakan rumus V  aiken sedangkan kepraktisan menggunakan rumus persentase. Bahan ajar interaktif berbasis canva telah diujicoba siswa kelas VIII-G SMPN 13 Mataram. Hasil analisis bahan ajar interaktif berbasis canva dinyatakan valid dan praktis. Kevalidan bahan ajar diperoleh pada tahap validasi desain melalui analisis hasil angket validasi dengan skor 0,84 dan kategori sangat valid.  Kepraktisan bahan ajar diperoleh pada tahap ujicoba melalui analisis angket kepraktisan dengan skor 84% dan kategori sangat praktis.

References

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash Practicality Of Learning Media for Antibacterial Power of Sapodilla Fruit Extract Based Macromedia Flash. QUANTUM: Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 76.

Badri, Y., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Scaffolding Metakognitif Untuk Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1). 156-172.

Ceria, R. E., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Canva pada Materi Kubus dan Balok dengan Pendekatan PMRI Berorientasi Konteks Islam Melayu. Jurnal of Education Matemtics, 5(2), 82–94

Enterprise, J. (2021). Desain Grafis dengan Canva. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fahrurrozi, M., & Mohzana, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis dan Praktik. Selong: Universitas Hamzanwadi Press.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hariyanti, S., Arjudin., & Baidowi. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Mataram. Mandalika Mathematics and Education Journal, 3(1), 19-29.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50.

Jiwa, I. N. (2022). Cara Sukses Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Proses Sains. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Kurnia, Y. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Comic Book Ipa Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Kelas V Sdn 1 Todanan Kabupaten Blora. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.

Nur, F., & Masita. (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Makasar: PT. Nas Media Indonesia.

Nurmina, S., Sridana, N., & Junaidi. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Keterampilan Abad 21 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Muallimat NW Pancor. Mandalika Mathematics and Education Journal, 3(1), 1-8.

Pemimaizita. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemik Covid-19 Siswa Kelas Xi Man 1 Bungo. Jurnal Pendidikan Matematika Mat-Edukasia, 7(1), 15–21.

Permendikbud. (2020). Permendikbud nomor 7 Tahun 2020. In Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020.

Pramuditya, S. A., Nopriana, T., & Yolanda, O. M. (2022). Mudah Membuat Bahan Ajar Matematika menggunakan Canva. Bandung: Media Sains Indonesia.

Putra, P. H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Rahmat, & Irfan, D. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar di SMK. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 30.

Salsabila, N., H. & Setyaningrum, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game:Statistic in artic. Mandalika Mathematics and educations journal, 1(1)

Sari, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Media Sosial Instagram Pada Materi Lingkaran Di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 120–127.

Sarjana, K., Baidowi, Arjudin & Hapipi. (2020). Perancangan Media Peraga dan Pedoman Operasionalnya Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 229-233.

Sripatmi, Junaidi, Wulandari, N., P., & Kurniawan, E. (2023). Efektifitas Buku Referensi Media Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mandalika Mathematics and Education Journal, 5(1), 79-87.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, R., & Manurung, N. (2018). Pengemabngan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Inspiratif, 8(2), 67-85.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Oktavia Arliana Dewi, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Oktavia Arliana Dewi, Laila Hayati, Nurul Hikmah, Ketut Sarjana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).