Analisis Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran IPA
DOI:
10.29303/jcar.v5i4.5364Published:
2023-12-17Issue:
Vol. 5 No. 4 (2023): NovemberKeywords:
Kemampuan Guru, Media Gambar, Pembelajaran IPA.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penggunaan media pembelajaran sangat penting digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru dalam menggunakan media gambar pada pembelajaran IPA di SDN 2 TEKO. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III di SDN 2 TEKO. Teknik pegumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan media gambar sudah baik. Hal ini dilihat dari bagaimana guru melakukan perencanaan pembelajaran penggunaan media gambar, dan pelaksanaan pembelajaran IPA menggunaan media gambar dengan lancar, serta evaluasi pembelajaran IPA dengan baik. Meskipun demikian masih terdapat kendala yang di alami guru dalam menggunakan media gambar yaitu: 1. Kendala membuat media gambar yang sesuai untuk materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran. 2. Kesulitan guru menggunakan teknologi seperti internet, sehingga kesulitan mencari referensi gambar yang tepat. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah guru mencoba melakukan pembiasaan dalam menggunakan media internet untuk mencari refernsi gambar yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa guru sudah bisa menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPA dengan baik.
References
Aditama, W. B., Ramdani, A., & Khairunnisa, K. (2021). Penerapan Computer Based Intruction Model Simulai dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Journal of Clasroom Action Research, 3(1), 30-45
Asep, S. &. (2013). Bagaimana menjadi calon Guru dan Guru Profesional. Multi Pressindo.
Ambarwati, R. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI C SDN 004 Tembilahan Kota. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 276-285
Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Guhir, A. H. (2020). Efektivitas penggunaan media alami dan media gambar terhadap motivasi belajar IPA peserta didik kelas IV MI Darul Ulum Kota Batu Jawa Timur (Doctoral dissertation, Universitas
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan bahan ajar membaca permulaan dengan menggunakan cerita fabel pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355-360.
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In M. P. Dr. Fatma Sukmawati (Ed.), Tahta Media Group (Issue Mei).
Junita, W., & Adela, D. (2022). PERAN Kompetensi PEDAGOGIK DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP KONDUSIFITAS BELAJAR SISWA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3040-3051.
Kiswoyo, K., & Ariyanti, N. (2015). Aplikasi Media Gambar Berseri Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Semester Ii Tema Pahlawanku Sd Negeri Bolo Demak. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 5(1).
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan metode brainstorming dengan bantuan media gambar grafis untuk meningkatkan hasil belajar Pkn siswa kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan pengajaran), 3(1), 18-25.
Mukarramah, M., Gani, A., & Winarni, S. (2021). Analisis kesesuaian perangkat pelaksanaan pembelajaran dengan tuntutan pembelajaran abad 21. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 5(3), 233-241.
Mirnawati. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98–112.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589-5597.
Priwantoro, S. W., & Fahmi, S. (2019). Pelatihan peningkatan kemampuan IT bagi guru matematika menggunakan geogebra. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 203-209.
Primaningtyas, M. (2018). Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 45-68.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Reza, N. F., Nurlaili, A., & Suryana, S. (2021). Manfaatan Media Internet dalam Pembelajaran PAI pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Linggarsari 1 Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 204-211.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Bumi Aksara.
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Nida, F. (2017). Pengaruh loyalitas terhadap kinerja guru SD awal. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(1), 96-108.
Utami, Y.S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan HASIL Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 104-109
Utami, S. (2018). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas III sekolah dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 137-148.
Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di sekolsh dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan KeIslaman, 11(1), 1-21.
Yulinda, N., Witono, A. H., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Miniatur Tiga Dimensi Berbahan Dasar Kertas untuk Pemahaman Diri Siswa Tentang Mitigasi Bencana di Kelas 6 Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issue), 159-167.
Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Perkembangan Surabaya, 2(12), 1–12.
Author Biographies
Dwi Putri Liani Dwi, Universitas Mataram
Hasnawati, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Dwi Putri Liani Dwi, Lalu Hamdian Affandi, Hasnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).