Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Barisan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis

Authors

Ichwanudin Mudhakir , Sudi Prayitno , Ratna Yulis Tyaningsih , Arjudin

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.5406

Published:

2023-10-18

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Pemahaman Matematis, LKPD

Articles

Downloads

How to Cite

Mudhakir, I., Prayitno, S. ., Tyaningsih, R. Y. ., & Arjudin. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Barisan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis . Journal of Classroom Action Research, 5(3), 221–229. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5406

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penerapan pembelajaran konvensional di SMAN 1 Kediri mengakibatkan rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Hal tersebut diakibatkan karena kurangnya media pembelajaran yang memadai dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket dan tes kemampuan pemahaman matematis. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Hasil analisis data menunjukkan produk LKPD yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata kevalidan 4,24 oleh 5 validator ahli materi dengan kriteria sangat valid dan skor rata-rata kevalidan 4,16 oleh 5 validator ahli media dengan kriteria valid. Kepraktisan produk mendapatkan skor kepraktisan 90,62% dengan kriteria sangat praktis berdasarkan hasil responden 26 orang siswa serta memperoleh nilai kepraktisan 89% dengan kriteria sangat praktis berdasarkan hasil responden guru. Selanjutnya, LKPD berbasis inkuiri terbimbing merupakan media yang efektif karena terdapat peningkatan persentase ketuntasan siswa, yaitu dari 6,7% menjadi 73,08% setelah menggunakan produk LKPD dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa.

References

Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Andini, U. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pertidaksamaan Harga Mutlak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 522–530. https://doi.org/http://fkip.um-palembang.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/Ulfa-Andini.pdf

Fara, U., Noer, H. S., & Rasidin, U. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 12(2), 242–253. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/issue/view/712

Handayani, A. A. A. T., Andayani, Y., & Anwar, Y. A. S. (2022). Pengembangan LKPD IPA SMP Berbasis Etnosains Terintegrasi Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT). Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Indayani, D., Sugeng, S., & Haenillah, E. Y. (2018). Pengembangan LKPD dengan lnkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Universitas Lampung. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/14530/pdf

Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Practicality Analysis of Developing the Student Worksheet Oriented Blended Learning in Acid Base Material. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171–182. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i3.25648

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12.

Lestari, K., E., & Yudhanegara, M., R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Ma’wa, A., Hapipi, H., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 631–640. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.114

Maharani, F., Arjudin., Novitasari, D., & Subarinah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Media Pendidikan Matematika, 11(1). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jmpm

Masjudin. (2016). Pemahaman Siswa Materi Barisan dan Deret. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 4(2), 76–84. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/687

Mubarak, Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Tasikmalaya: Pustaka Turats Press.

Nasution, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 47–63. https://doi.org/10.31604/eksakta.v4i1.41-48

Nuriyanti, L., Prayitno, S., Tyaningsih, Y. R., & Sarjana, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis PowToon Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Profesi Kependidikan, 7(3b), 1462–1471. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.808

Rahayu, S., Yanuarsari, R., Suwandana, C., Romansyah, R., Farid, M., Supriatna, A., Latifah Dewi, E., Lisnawati, Rahman Abdur, A., Asmadi, I., Habaib, M., Malik Saepul, A., Tirtajaya, A., Suryani, I., Kurniati, I., Caridin, Yuliana, Sobari, Maslachah, A., … Kustati. (2022). Kebijakan Dan Kinerja Birokrasi Pendidikan. Makassar: CV Tohar Media.

Relia, L. (2018). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Produktif (KIP). PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 97–103. journal.unnes.ac.idrosliana

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukma, G. R. L., Prayitno, S., Baidowi., & Amrullah. (2022). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 198–216. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.1897

Turmuzi, M. (2016). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Mataram: Universitas Mataram.

Turmuzi, M. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika. Bojonegoro: Penerbit KBM Indonesia.

Tyaningsih, R. Y., Salsabila, N. H., Samijo, S., & Jatmiko, J. (2020). Pengembangan MUPEL (multimedia peluang) berbasis etnomatematika dalam permainan tradisional anak (Dakon). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 39-53. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14255

Author Biography

Ichwanudin Mudhakir, Penulis

License

Copyright (c) 2023 Ichwanudin Mudhakir, Sudi Prayitno, Ratna Yulis Tyaningsih, Arjudin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).