Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Authors

Elistiani , Muhammad Makki , Heri Hadi Saputra , Muhammad Syazali

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.5423

Published:

2024-05-30

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Problem Solving, SDN 1 Kecamatan Lingsar.

Articles

Downloads

How to Cite

Elistiani, Makki, M., Saputra, H. H., & Syazali, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 470–474. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.5423

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar tahun ajaran 2023/2024. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A yang berjumlah 20 orang dan peserta didik kelas IV B yang berjumlah 21 orang. Metode yang digunakan dalam pengambilan  data yaitu observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan program analisis statistika SPSS 27.0 For Windows dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji normalitas memperoleh data penelitian berdistribusi normal. Data pretes kelas eksperimen memperoleh taraf signifkasi sebesar 0,076 > 0,05 data berdistribusi normal data posttest kelas eksperimen memperoleh taraf signifikansi 0,080 > 0,05 data berdistribusi normal. Data hasil pretest kelas kontrol memperoleh taraf signifikansi 0,089 > 0,05 data berdistribusi normal, untuk data posttest kelas kontrol memperoleh taraf signifikansi 0,062 > 0,05 maka  dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. Selanjutnya uji Independen Sampel T-Tes,berdasarkan hasil analisi dapat diperoleh nilai sebesar 13,840 dengan derajat kebebasan df = n – 2 atau 41 – 2 = 39 pada taraf signifikansi 0,05 : 2 = 0,025 hasil diperoleh  sebesar 2,455 sehingga > (13,840 > 2,455) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun Ha dalam penelitian ini adalah“ ada pengaruh  model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar tahun ajaran 2023/2024.

References

Agustina, I. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika secara daring di era pandemi covid-19 terhadap kemampuan berpikir kreatif. Desimal: Jurnal Matematika, June, 1(1), 1-11.

Artayasa, I. P., Noviani, E., & Widaswara, K. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMA Terhadap Pembelajaran E-Learning Berdasarkan Gender. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 241-246.

Fadilah, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Solving Siswa Kelas V MIN 7 Kota Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31833-31837.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.

Maharani, I. N. (2017). Model pengembangan bahan ajar matematika untuk sekolah dasar. Jurnal Pijar: Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3).

Makki, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika: Studi Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Classroom Action Research, 4(3), 39-45.

Milkhaturrohman, M., Da Silva, S., & Wakit, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 94-106.

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.

Nawawulan, D., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1).

Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan literasi matematika siswa sekolah dasar melalui pembelajaran matematika realistik Indonesia. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 2(2), 70-79.

Putri, N. E., Zulyadaini, Z., & Relawati, R. (2019). Studi perbandingan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 6 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 91-97.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160-1166.

Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan bahan ajar e-modul matematika berbantuan aplikasi Canva pada materi grafik fungsi eksponen dan logaritma. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1029-1038.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Viona, V. O., Junaedi, I., & Ardiansyah, A. S. (2023, March). Telaah Model Challenge Based Learning Terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 6, pp. 557-564).

Yulianingsih, N., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2024 Elistiani, Muhammad Makki, Heri Hadi Saputra, Muhammad Syazali

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).