Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024
Open Access
Peer Reviewed

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Authors

Elistiani , Muhammad Makki , Heri Hadi Saputra , Muhammad Syazali

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.5423

Published:

2024-05-30

Downloads

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar tahun ajaran 2023/2024. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A yang berjumlah 20 orang dan peserta didik kelas IV B yang berjumlah 21 orang. Metode yang digunakan dalam pengambilan  data yaitu observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan program analisis statistika SPSS 27.0 For Windows dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji normalitas memperoleh data penelitian berdistribusi normal. Data pretes kelas eksperimen memperoleh taraf signifkasi sebesar 0,076 > 0,05 data berdistribusi normal data posttest kelas eksperimen memperoleh taraf signifikansi 0,080 > 0,05 data berdistribusi normal. Data hasil pretest kelas kontrol memperoleh taraf signifikansi 0,089 > 0,05 data berdistribusi normal, untuk data posttest kelas kontrol memperoleh taraf signifikansi 0,062 > 0,05 maka  dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. Selanjutnya uji Independen Sampel T-Tes,berdasarkan hasil analisi dapat diperoleh nilai sebesar 13,840 dengan derajat kebebasan df = n – 2 atau 41 – 2 = 39 pada taraf signifikansi 0,05 : 2 = 0,025 hasil diperoleh  sebesar 2,455 sehingga > (13,840 > 2,455) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun Ha dalam penelitian ini adalah“ ada pengaruh  model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV SDN 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar tahun ajaran 2023/2024.

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Problem Solving, SDN 1 Kecamatan Lingsar.

References

Agustina, I. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika secara daring di era pandemi covid-19 terhadap kemampuan berpikir kreatif. Desimal: Jurnal Matematika, June, 1(1), 1-11.

Artayasa, I. P., Noviani, E., & Widaswara, K. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMA Terhadap Pembelajaran E-Learning Berdasarkan Gender. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 241-246.

Fadilah, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Solving Siswa Kelas V MIN 7 Kota Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31833-31837.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.

Maharani, I. N. (2017). Model pengembangan bahan ajar matematika untuk sekolah dasar. Jurnal Pijar: Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3).

Makki, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika: Studi Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Classroom Action Research, 4(3), 39-45.

Milkhaturrohman, M., Da Silva, S., & Wakit, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 94-106.

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.

Nawawulan, D., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1).

Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan literasi matematika siswa sekolah dasar melalui pembelajaran matematika realistik Indonesia. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 2(2), 70-79.

Putri, N. E., Zulyadaini, Z., & Relawati, R. (2019). Studi perbandingan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 6 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 91-97.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160-1166.

Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan bahan ajar e-modul matematika berbantuan aplikasi Canva pada materi grafik fungsi eksponen dan logaritma. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1029-1038.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Viona, V. O., Junaedi, I., & Ardiansyah, A. S. (2023, March). Telaah Model Challenge Based Learning Terintegrasi STEAM berbantuan Sevima Edlink terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 6, pp. 557-564).

Yulianingsih, N., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Elistiani, Makki, M., Saputra, H. H., & Syazali, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 470–474. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.5423