Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Poster Untuk Meningkatkan Nilai Moral dan Disiplin Anak Usia 5-6

Authors

Winda Yuli Alfina , I Made Suwasa Astawa , Nurhasanah , Muhammad Tahir

DOI:

10.29303/jcar.v5i4.5524

Published:

2023-12-17

Issue:

Vol. 5 No. 4 (2023): November

Keywords:

Disiplin, Metode Bercerita, dan Nilai Moral

Articles

Downloads

How to Cite

Alfina, W. Y. ., Astawa, I. M. S. ., Nurhasanah, & Tahir, M. . (2023). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Poster Untuk Meningkatkan Nilai Moral dan Disiplin Anak Usia 5-6. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 284–291. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5524

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan metode bercerita menggunakan poster untuk meningkatkan nilai moral dan Disiplin.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai moral dan disiplin dapat meningkat melalui penerapan metode bercerita menggunakan poster pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Selong pada tahun ajaran 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yakin 16 orang anak kelompok B dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif. Langkah-langkah penelitian ini menggunakan 3 tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode bercerita menggunakan poster pada siklus I mendapatkan skor 36 dengan persentase 75% termasuk kategori terlaksana dengan baik, kemudian nilai moral dan disiplin anak pada siklus I mendapatkan skor 334,5 dengan persentase 65,32% termasuk kategori baik. Dan penerapan metode bercerita menggunakan poster mengalami peningkatan dengan jumlah skor 44,5 dengan persentase sejumlah 93% termasuk kategori terlaksana dengan sangat baik, serta nilai moral dan disiplin anak memperoleh skor 439 dengan persentase sejumlah 85,73% termasuk kategori sangat meningkat pada siklus II sehingga sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%. Kesimpulan penelitian ini ialah penerapan metode bercerita menggunakan poster dapat meningkatkan nilai moral dan disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Selong

License

Copyright (c) 2023 Winda Yuli Alfina, I Made Suwasa Astawa, Nurhasanah, Muhammad Tahir

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).