Keefektifan Model Inside Outside Circle (IOC) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS
DOI:
10.29303/jcar.v5i3.5527Published:
2023-10-20Issue:
Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023Keywords:
Model Inside Outside Circle (IOC), Media Audio Visual, Hasil Belajar.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model IOC (Inside Outside Circle) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 46 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SDN 46 Cakranegara yang berjumlah 50 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas, VA dan VB. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) berbantuan media audio visual efektif terhadap hasil belajar IPS, ini ditunjukkan dengan hasil nilai effect size yang didapatkan sebesar 1,044 dilihat dari kriteria berada pada kisaran nilai 0,8 Â termasuk kategori tinggi yang artinya bahwa penerapan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) berbantuan media audio visual memiliki efektifitas yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 46 Cakranegara dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.
References
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1).
Andriani, S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di SDN Mayangan 6 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(1).
Binti Yusup, W., Prasetiawati, & Yosepa, T. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 18–31.
Esterina, S., Marhayani, D. A., & Mertika, M. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(1), 1-6.
Febrianti, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1).
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 111.
Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180.
Inangda, N. T., Safruddin, Itsna, O. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Sakra Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 15.
Kastining, N. W, S. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa. Journal of Classrom Action Research, 1(2).
Lasmini. 2023. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN 1 Suranadi. Journal of Classrom Action Research. 5(2).
Lorenza, T., & Reinita. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus V Kecamatan Sutera. Pedas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, (7)1, 190.
Nurhasanah, S., & A, Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1).
Nurhatina, A., Isak, T. (2021) Pengaruh Pelaksanaan Metode Outdoor Learning Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD PGRI Serui. Jurnal Papeda, 3(1).
Noge, M. D., Yohana, I. T., & Pelipus, W. K. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle Dalam Pembelajaran Bilingual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 6(3), 453.
Nurjannah., I, I., & Naila, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan. Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST), 4(2).
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Rozaini, N., & Sandra, D.A. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Niagawan, 6(2).
Saputri, R., Darmiany, D., & Nisa, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar pada Muatan Materi IPS Siswa Kelas IV SDN Kidang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 623–628.
Sulistyowati, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (Ioc) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 32.
Surawan. (2019). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta. Journal of Classrom Action Research. 1(1).
Winantara, I. W. D., & Jayanta, I. N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran TPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD NO 1 Mengwitani. 1(1), 9–19.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
License
Copyright (c) 2023 Yuni Saputri, Nurul Kemala Dewi, Dyah Indraswati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).